ini adalah anti mager terbesar yang pernah ada di Sulsel
Makassar (ANTARA) - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto turut menghadiri Jalan Sehat Sulsel Anti Mager 2023 sebagai rangkaian peringatan HUT ke-354 tahun Sulsel dan HUT ke-78 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Prabowo bersama Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan Ketua IKA Unhas Andi Amran Sulaiman melepas peserta jalan sehat di depan Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Minggu.

"Saya bangga dengan Makassar, Sulawesi Selatan, aga kareba? (apa kabar?), ewako, Selamat 354 tahun Sulsel," teriak Prabowo saat menyapa ribuan peserta.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memastikan bahwa Jalan Sehat Anti Mager kali ini merupakan jalan sehat dengan peserta terbanyak sejak program ini digelar, termasuk jalan sehat yang pernah digelar di berbagai daerah.

Panitia pelaksana Jalan Sehat Anti Mager mencatat total sebanyak 399.133 orang pendaftar offline maupun online. Angka ini telah melampaui target panitia sekitar 250 ribu peserta.

Baca juga: Berhadiah umrah, ribuan warga ikut jalan santai "Sulsel Anti-Mager"
Baca juga: Gubernur Sulsel lepas peserta Sulsel Anti Mager 10.000 langkah


Prabowo mengapresiasi semangat peserta. "Selamat pagi, Sulawesi Selatan luar biasa! Saya ingin menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas undangan ini," sebutnya.

Jalan Sehat Anti Mager menempuh jarak 5 km lebih dengan rute start depan Rujab Gubernur - Jalan Sudirman - Jalan Haji Bau - Jalan Penghibur - Jalan Ujung Pandang - Jalan Riburane - Jalan Ahmad Yani - Jalan Sudirman lalu finish kembali di depan Rujab.

"Ini adalah anti mager terbesar yang pernah ada di Sulsel. Anti Mager luar biasa!," tambah Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Seorang peserta dari Gowa bernama Shanti mengapresiasi kegiatan yang digelar Pemprov Sulsel, apalagi menyediakan hadiah fantastis seperti rumah, mobil dan umrah.

Dia berharap HUT ke-354 Sulsel membawa keberkahan bagi warga Sulsel. Shanti yang juga merupakan pengajar di perguruan tinggi ini mengkritisi peran pemerintah yang dinilai pembangunan pada sektor kesehatan belum merata, perbaikan SDM tenaga didik dan tenaga kesehatan, termasuk akses jalan di wilayah terpencil.

"Kita berharap pembangunan di Sulsel semakin merata di usia 354 tahun. Semoga pemerintah juga memperhatikan pengembangan SDM agar kita bisa memiliki daya saing dengan daerah lain," kata dia.

Jalan Sehat Anti Mager Sulsel dimeriahkan dengan atraksi paralayang dan demonstrasi sukhoi dari TNI AU, serta marching band dari IPDN.

Baca juga: 10 ribu warga Kota Pangkalpinang ikuti Pekan Sehat PT Timah
Baca juga: Pemkot Tangerang ajak masyarakat ikut jalan sehat sarungan besok
Baca juga: Ratusan peserta ikuti jalan sehat peringati Hari Lahir Pancasila

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023