Mengingat wilayah perairan Indonesia sangat luas, ke depan kerja sama akan ditingkatkan lagi dengan Komando Armada RI Kawasan Barat guna patroli terkoordinasi,"
Jakarta (ANTARA News) - Angkatan laut Indonesia dan angkatan laut Australia bekerja sama membahas persoalan imigran gelap yang akhir-akhir ini marak menyeberang masuk secara ilegal ke Australia melalui perairan Indonesia.

Rencana pembahasan itu diawali dengan kunjungan kehormatan Wakil Kepala Operasi Angkatan Laut Royal Australia Laksamana Muda Stephen Gilmore ke Indonesia dan diterima Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Marsetio di Markas Besar Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu.

Pada pertemuan tersebut, KSAL Laksamana TNI Marsetio dan Laksamana Muda (Rear Admiral) Stephen Gilmore secara serius membicarakan tentang upaya mengatasi imigran gelap asal Timur Tengah yang marak menyeberang masuk secara ilegal ke Australia melalui perairan Indonesia.

Selain itu dijajaki juga upaya peningkatan patroli terkoordinasi di laut oleh Angkatan Laut kedua negara.

Menurut KSAL Laksamana TNI Marsetio, untuk mengatasi imigran gelap saat ini patroli terkoordinasi sudah dilakukan antara pihak Angkatan Laut Australia dengan TNI Angkatan Laut, dalam hal ini dengan Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) untuk meng-cover perairan di wilayah Timur.

Ke depan akan dilanjutkan dengan kerja sama dengan Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) untuk menjaga periaran di wilayah barat.

"Mengingat wilayah perairan Indonesia sangat luas, ke depan kerja sama akan ditingkatkan lagi dengan Komando Armada RI Kawasan Barat guna patroli terkoordinasi," ujar KSAL.

Selain memfokuskan pada penanganan imigran gelap, kedua pejabat Angkatan Laut ini juga berdiskusi tentang peningkatan kerja sama di bidang lainnya.

Laksamana Muda Stephen Gilmore pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang hangat dan penuh keakraban di Mabesal.

"Walaupun bukan kunjungan yang pertama kali, saya berterima kasih atas sambutan hangat penuh keakraban di sini, serta tentu kami juga menyambut baik kerja sama yang sudah berjalan baik selama ini antara Angkatan Laut kedua negara," katanya.

Turut hadir mendampingi Kasal dalam acara tersebut adalah Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Hari Bowo, Aspam Kasal Laksamana Muda TNI I Putu Yuli Adnyana, Asops Kasal Laksamana Muda TNI Didit Herdiawan, dan Paban IV Hublu Spamal Kolonel Laut (S) Benny Rijanto.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013