Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Universitas Jember, Jawa Timur menjajaki kerja sama bidang kesehatan dengan universitas di Jerman seiring dengan rencana pembangunan Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (RSPTN) di kampus setempat.

"Kami jajaki kerja sama dengan perguruan tinggi kesehatan di Jerman. Tugas itu kami lakukan seiring dengan pembangunan RSPTN Universitas Jember yang akan mulai dibangun akhir tahun ini," kata Wakil Rektor II Universitas Jember Prof. Sri Hernawati dalam keterangan tertulis yang diterima di Jember, Senin.  

Sri Hernawati didampingi Dekan Fakultas Kedokteran juga membawa sebanyak 23 mahasiswa Fakultas MIPA dan Fakultas Teknik (FT) yang akan menimba ilmu di Flensburg University of Applied Sciences untuk belajar marine bioengineering and biotechnology dengan didampingi tiga dosen pembimbing yang dipimpin oleh Dr. rer nat. Kartika Senjarini.

"Beberapa perguruan tinggi kesehatan yang akan kami kunjungi di antaranya adalah Lubeck Medical School dan Ulm Medical School. Kami berharap pembangunan dan pengembangan RSPTN Unej akan mendapatkan dukungan dari mitra di Jerman," tuturnya.

Menurutnya kunjungan ke Jerman sekaligus mematangkan persiapan seminar internasional mengenai kesehatan yang rencananya akan digelar di Kampus Tegalboto Unej pada tahun 2024 yang bekerja sama dengan Tuebingen Medical School.

Sementara dosen pembimbing yang mendampingi rombongan mahasiswa Unej Dr. rer nat. Kartika Senjarini mengatakan sebanyak 23 mahasiswa memiliki kesempatan belajar di Jerman melalui program Summer School dari Erasmus+ European Union, dan program Study Visit dari Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD).

"Jalinan kerja sama antara Unej dengan pemerintah Jerman melalui DAAD sudah memasuki tahun ke-13. Kami telah menyeleksi dan mempersiapkan 23 mahasiswa pilihan itu sejak November 2022," katanya.

Setelah terpilih melalui serangkaian seleksi, puluhan mahasiswa itu digembleng dengan kemampuan riset, penguasaan Bahasa Inggris dan Jerman hingga pengetahuan akan budaya Jerman agar tidak mengalami gegar budaya.

"Tema riset kali ini yang fokus pada marine bioengineering and biotechnology sesuai dengan visi dan misi Universitas jember yang ingin mengembangkan bioteknologi," ujarnya.

Kegiatan yang akan digelar rombongan mahasiswa Unej di antaranya upacara 17 Agustus di kampus Flensburg University of Applied Sciences serta menggelar Indonesian Day selama dua hari pada 24-25 Agustus 2023 di alun-alun kota Flensburg.

Dalam kesempatan itu, para mahasiswa Universitas Jember akan menampilkan beragam seni khas Indonesia seperti tari Gandrung Banyuwangi, pemutaran film tentang budaya Indonesia, pameran kain batik dan kegiatan lainnya.

Mahasiswa yang menjadi Duta Unej itu juga dijadwalkan akan mengunjungi aktivitas riset di University of Kiel yang memiliki fasilitas GEOMAR Helmholtz Centre for Ocean Research.

Baca juga: Cerita tiga guru besar Universitas Jember mengabdi kepada bangsa

Baca juga: Mengenal lebih dekat robot tematik REIVER Unej juara 2 di KRI 2023

Baca juga: Program Wirausaha Merdeka Unej prioritaskan kearifan lokal

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023