Saya tidak terkejut mendengar pengumuman Ketua Tim Investigasi TNI AD, Brigjen Unggul yang melaporkan kepada publik bahwa pelaku penyerangan LP Cebongan adalah oknum TNI AD,"
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi III DPR RI, Ahmad Basarah mengaku tak terkejut dengan diungkapnya pelaku penyerangan ke LP Cebongan, Sleman, Yogyakarta.

"Saya tidak terkejut mendengar pengumuman Ketua Tim Investigasi TNI AD, Brigjen Unggul yang melaporkan kepada publik bahwa pelaku penyerangan LP Cebongan adalah oknum TNI AD," kata Ahmad Basarah di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis.

Sebab, sejak awal peristiwa tersebut terjadi, dirinya sudah dapat memprediksi pelakunya adalah oknum-oknum TNI. Namun demikian, Politisi PDIP itu memberikan apresiasi terhadap kinerja Tim Investigasi tersebut karena telah bekerja dengan cepat dan transparan.

Yang terpenting untuk saat ini adalah pengembangan kasus dan pengungkapan pihak-pihak lain yang sangat mungkin terlibat dalam skenario penyerbuan tersebut karena saya karena saya juga melihat adanya kejanggalan dalam hal pemindahan tahanan dari Mapolda DIY ke Lapas Cebongan.

"Di sisi lain, hal ini juga menjadi peringatan dini bagi pimpinan TNI untuk lebih intensif melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap prajurit-prajurit TNI agar tidak lagi terulang kejadian serupa. Kepada oknum-oknum TNI pelaku penyerbuan tersebut juga harus segera ditindak dan diberikan sanksi hukum sesuai norma yang berlaku," kata Ahmad Basarah.


Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013