Jakarta (ANTARA) - Dua pegolf profesional Indonesia, Kevin Caesario Akbar dan Jonathan Wijono, turut bangga dengan prestasi yang diukir juniornya Gabriel Hansel Hari pada Mandiri Indonesia Open 2023.

Pada turnamen yang berlangsung pada 3-6 Agustus di Pondok Indah Golf Course, Jakarta, tersebut, Hansel menduduki posisi T9 dengan catatan total 275 pukulan atau 13 under.

"Kalau buat saya itu malah membanggakan banget ya. Kami sebagai turn pro bisa melihat amatir lebih di atas, kami justru senang melihat ada yang potensial. Jadi ke depannya mungkin dia (Hansel) bisa main di PGA Tour," kata Jonathan usai konferensi pers turnamen Ciputra Golfpreneur di Damai Indah Golf BSD Course, Banten, Senin.

Prestasi itu membuat Hansel yang masih berstatus sebagai pegolf amatir justru mengungguli Kevin dan Jonathan. Kevin mengakhiri Mandiri Indonesia Open dengan menduduki posisi T51 dengan 283 pukulan atau 5 under, sedangkan Jonathan di posisi T33 dengan 280 pukulan atau 8 under.

Baca juga: Gabriel Hansel akhiri Mandiri Indonesia Open di posisi 10 besar 

Lebih lanjut Kevin mengatakan bahwa cara bermain Hansel sudah setingkat dengan para pegolf profesional.

"Kalau menurut saya malah karena kebetulan dia anggota tim nasional juga. Menurut saya kalau sudah tim nasional Indonesia itu dari skill level sama pro sebenarnya sama, hanya beda statusnya saja. Dia amatir, kami pro," ucap Kevin.

Baik Kevin dan Jonathan akan kembali bertanding di turnamen Ciputra Golfpreneur, yang dihelat pada 23-26 Agustus mendatang. Kedua pegolf muda itu mengaku sudah mempersiapkan diri untuk dapat tampil sebaik mungkin di turnamen yang merupakan bagian dari Asian Development Tour itu.

"Ya pastinya sehari-hari saya latihan di sini. Kondisi lapangan akan berbeda dari saat turnamen. Jadi pasti ada sedikit penyesuaian dan juga mungkin sehari dua hari lah penyesuaian, dan itu bisa dilakukan sebelum turnamen. Pasti ada babak latihannya," tutur Kevin yang sebelum tampil di Ciputra Golfpreneur akan tampil di dua turnamen lokal.

Baca juga: Turnamen BNI Ciputra Golfpreneur akan kembali dihelat akhir Agustus

Adapun Jonathan mempersiapkan diri dengan lebih banyak mempertajam mentalnya, dan menghindari pikiran-pikiran negatif.

"Jadi seperti biasa kami ada mungkin seminggu sebelumnya sudah bisa mencicipi lapangan tersebut, juga sebelum turnamen mungkin ada dua hari tiga hari sebelum itu kita biasanya ada latihan untuk mendapatkan chemistry lebih lagi. Pastinya green akan dilicinkan dan pastinya butuh penyesuaian lagi. Ya kurang lebih itu yang akan kami persiapkan," tutur Jonathan yang merupakan pegolf peringkat satu nasional.

Baik Kevin dan Jonathan dipastikan akan berpartisipasi di BNI Ciputra Golfpreneuer pada akhir Agustus. Selain mewaspadai pegolf nasional lainnya, baik Kevin maupun Jonathan juga harus memperhitungkan pegolf muda Thailand Parin Sarasmut, yang akan berpartisipasi setelah menjadi juara Boys Overall di ajang Mandiri Ciputra Golfpreneuer Junior World Championship, Juni.

Baca juga: Rendy Putra Jaya wakili Indonesia di MercedesTrophy World Final Jerman

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023