Jakarta (ANTARA) - Dokter kecantikan dari klinik NMW Clinic dr. Nataliani Mawardi mengatakan bahwa perawatan kulit yang komprehensif dalam membantu dalam meningkatkan rasa kepercayaan diri di lingkungan profesional maupun sosial.

“Betapa pentingnya perawatan kulit yang komprehensif dalam memupuk rasa percaya diri dan pola pikir yang sehat dalam lingkungan profesional maupun sosial," ujar Nat, panggilan akrab Nataliani, dalam siaran resmi yang diterima Selasa.

Lebih lanjut dia menjelaskan banyak perempuan muda yang merasa khawatir bahwa kekurangan atau ketidaksempurnaan tubuh atau wajah dapat menghambat kemampuan mereka menapaki jenjang karir dan berinteraksi dengan percaya diri dengan atasan dan rekan kerja di lingkungan kerja maupun di pergaulan.

Baca juga: Ini alasan orang-orang konsumsi minuman kecantikan

Rutinitas perawatan kulit yang disesuaikan dengan dukungan dan panduan emosional yang personal dapat memberikan dampak besar pada keyakinan diri seseorang dan pandangan hidup secara keseluruhan.

Dengan mengatasi aspek fisik dan emosional, individu dapat merasakan peningkatan rasa percaya diri yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, baik dalam dunia profesional maupun dalam interaksi sosial.

Nat menyebutkan perawatan komprehensif sebagai upaya melakukan perawatan tubuh, terutama wajah dapat dilakukan dengan bantuan profesional dari praktisi estetika atau dokter kecantikan.

"Terapi atau perawatan yang berhasil sebagai dokter adalah menjadi pendengar yang baik itu sudah 60 persen daripada diagnosis untuk mengetahui secara cermat masalah yang ada. Biasanya masalah berkaitan dengan gaya hidup yang kurang sehat, misalnya jerawat dengan konsumsi makanan berminyak atau berlemak," ujar Nat.

Dokter kecantikan juga dapat berperan dalam memberikan edukasi contohnya terkait obat-obatan yang meliputi kandungan, fungsi, dan cara mengonsumsinya atau anjuran agar kerusakan pada kulit wajah tidak muncul kembali.

"Apa yang kita anjurkan dan pantangan sebaiknya diikuti agar kasus tidak berulang. Misalnya breakout jerawat atau pada kasus liposuction sudah disedot lemaknya, harus bisa jaga pola makan," kata Nat.

Baca juga: Psikolog jelaskan "beauty anxiety" dan cara menumbuhkan percaya diri

Baca juga: Dokter kecantikan sarankan perawatan antipenuaan mulai usia 30-an

Baca juga: Fitur Expert Review di aplikasi SOCO mudahkan cek ulasan terpercaya

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023