Menteri LH Balthasar panelis Paris Forum

Menteri LH Balthasar panelis Paris Forum

Menteri lingkungan Hidup Balthazar Kambuaya (ANTARA)

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya menjadi panelis pada Paris Forum dengan tema "Green Industry for a Sustainable Economy" yang digelar di ibukota Prancis, Jumat.

Paris Forum digelar sejak Kamis (4/4) yang diselenggarakan United Nation Environment Programme (UNEP), United Nations Industrial Development Organizations (UNIDO) dan Agence Francaise Development (AFD).

Forum tersebut dihadiri kalangan pemerintah, dunia usaha, dan perwakilan lembaga-lembaga PBB. Di antaranya dihadiri oleh Menteri Ekologi Prancis, Direktur Jenderal UNIDO, Direktur Eksekutif UNEP dan berbagai kalangan dunia usaha.

Menteri Balthasar Kambuaya dalam forum tersebut mengatakan, Indonesia telah memasuki skema green economy dengan mengeluarkan berbagai kebijakan dan program.

Skema kebijakan yang diterapkan dengan menerapkan standar dan kriteria pada setiap kegiatan industri. Kawasan-kawasan industri harus memenuhi kriteria lingkungan agar dapat tercapai kegiatan industri yang berkelanjutan.

Paradigma ekonomi hijau ini dibahas dengan menampilkan tiga topik utama yaitu ekonomi hijau untuk pertumbuhan yang hijau:dari tenaga kerja sampai produktivitas sumberdaya alam.

Topik kedua adalah terkait regulasi, kebijakan dan skema keuangan, serta topik ketiga mengenai industri hijau untuk memperkuat ekonomi.

Kesimpulan Paris Forum menghasilkan sinergi antara pemerintah sebagai regulator dan kalangan industri sebagai pelaku adalah kunci keberhasilan green economy.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Kapolri: 90 persen karhutla karena kesengajaan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar