Bangka (ANTARA) - Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu bersama warga Desa Bintet Kabupaten Bangka mengibarkan ratusan Bendera Merah Putih secara serentak, sebagai rangkaian menyambut HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Pengibaran ratusan bendera serentak ini membuktikan bahwa Indonesia tetap jaya," kata Suganda Pandapotan Pasaribu dalam keterangan pers diterima LKBN ANTARA Babel di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan pengibaran ratusan Bendera Merah Putih ini dalam memperingati dan memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini, sebagai rangkaian kegiatan Program Gubernur Langsung Eksekusi Membangun Bangka Belitung (Gule Kabung) di Desa Bintet Kabupaten Bangka.

"Hari ini baru saja kita kibarkan bersama-sama bendera merah putih dan ini adalah wujud rasa cinta kita kepada negara dan tanah air Indonesia," ujarnya.

Menurut dia pengibaran Bendera Merah Putih merupakan wujud kecintaan masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khusus warga Bintet kepada tanah air.

"Kegiatan Program Gule Kabung ini, kita tidak hanya mengibarkan bendera tetapi juga membuka pelayanan publik dan kegiatan pasar murah dalam rangka stabilisasi harga bahan pokok kebutuhan masyarakat serta pemasaran produk UMKM," katanya.

Selain itu, Program Gule Kabung di Desa Bintet ini juga melakukan penanaman pohon, senam sehat dan membagikan berbagai hadiah sepeda listrik, mesin cuci, kompor gas, kipas angin dan hadiah menarik lainnya.

"Kita bersyukur warga sangat antusias mengikuti berbagai rangkaian kegiatan Program Gule Kabung ini," katanya.

Menurut dia melalui Gule Kabung ini sebagai bukti pemerintah provinsi bahwa program benar-benar peduli pada masyarakat dalam meningkatkan kualitas kesehatan, sosial dan perekonomian masyarakat.

"Melalui Program Gule Kabung ini, kita berupaya untuk memerangi hoaks. Kemudian, dalam pelaksanaannya, di program Gule Kabung ini, kita bisa bertemu dan berdiskusi secara langsung serta bersinergi. Apa saja yang dibutuhkan masyarakat, kita cari solusinya bersama-sama," katanya. 

Baca juga: Banda Aceh canangkan gerakan 10 juta bendera Merah Putih
Baca juga: Pemerintah Aceh bagikan 4.700 lembar bendera merah putih

Pewarta: Aprionis
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023