Alhamdulillah, Kabupaten Siak ditunjuk sebagai proyek percontohan Kota Wakaf dan Insya Allah menjadi kota pertama di Indonesia yang akan diluncurkan menjadi Kota Wakaf
Siak, Riau, (ANTARA) - Wakil Bupati (Wabup) Siak, Provinsi Riau, Husni Merza, mengungkapkan daerahnya ditunjuk menjadi proyek percontohan Kota Wakaf yang akan diluncurkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI).

"Alhamdulillah, Kabupaten Siak ditunjuk sebagai proyek percontohan Kota Wakaf dan Insya Allah menjadi kota pertama di Indonesia yang akan diluncurkan menjadi Kota Wakaf," kata Husni di Siak, Rabu.

Husni mengatakan terpilihnya Kabupaten Siak sudah melalui pertimbangan tim Program Kota Wakaf Kemenag. Tim tersebut juga telah hadir dan meninjau langsung ke Kabupaten Siak.

Dia mengaku juga telah melaksanakan pertemuan dengan Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag RI Tarmizi Tohor di Jakarta beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan itu dia mewakili Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Siak yang juga bupati.

Baca juga: Bupati Siak terima penghargaan sebagai Tokoh Wakaf Nasional

Proyek percontohan ini, lanjutnya, sebagai bentuk komitmen dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak terkait wakaf. Itu karena produktivitas tanah ataupun aset wakaf yang dimiliki oleh umat Islam yang ada di Kabupaten Siak, katanya.

Dalam komitmen Wakaf ini ini, Pemkab Siak bekerja sama dan berkolaborasi dengan BWI, Kemenag, dan juga para nazir wakaf di Kabupaten Siak. Menurut Husni, peluncuran Kota Wakaf tersebut direncanakan pelaksanaannya pada Oktober 2023.

Hal itu, kata dia, akan menjadi kado terbaik pada Hari Jadi Kabupaten Siak ke-24 pada 12 Oktober 2023 mendatang. "Kita memohon doa dan dukungan kepada masyarakat untuk mewujudkan Kabupaten Siak sebagai Kota Wakaf di Indonesia," ucap Wabup Husni Merza.

Baca juga: Lebih dikenal bentuk tanah, penyuluh agama diminta galakkan wakaf uang
Baca juga: Literasi masyarakat soal wakaf masih lemah

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023