kegiatan ini dapat mereka jadikan sebagai wahana untuk meningkatkan prestasi dalam bidang kepramukaan
Tabanan (ANTARA) - Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, Rabu (9/8) melepas Kontingen Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tabanan menuju Raimuna Nasional XII 2023 di Jakarta yang menjadi perkemahan besar Pramuka Penegak dan Pandega.

Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya mengatakan Pramuka sebagai salah satu wadah pengembangan diri diharapkan mampu menjadi motivasi bagi generasi muda di Kabupaten Tabanan untuk berperan aktif dalam mewujudkan pembangunan di Kabupaten Tabanan.

Untuk itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Tabanan, Bupati Sanjaya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kwarcab Pramuka Kabupaten Tabanan yang telah mempersiapkan kontingen Pramuka Tabanan untuk berpartisipasi dalam Raimuna tingkat Nasional.

"Kegiatan ini dapat mereka jadikan sebagai wahana untuk meningkatkan prestasi dalam bidang kepramukaan. Saya berpesan, dalam mengikuti Raimuna XII yang merupakan kegiatan pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega seluruh Indonesia agar senantiasa menjaga sportifitas, kejujuran dalam bertingkah laku, serta menjaga nama baik Pramuka Tabanan," kata Bupati Tabanan Sanjaya di halaman Kantor Bupati Tabanan.

Baca juga: Kemenparekraf: Raimuna Nasional memperkuat capaian pergerakan wisnus
Baca juga: Bupati Lutim lepas kontingen Raimuna Nasional


Sanjaya berharap dengan pelatihan yang telah dijalankan selama ini, para peserta bisa mengatasi segala situasi dan dapat meraih prestasi maksimal dalam perhelatan tahun ini, sehingga mampu mengharumkan nama Tabanan di tingkat nasional.

"Tunjukkanlah kemampuan dan keterampilan untuk meraih prestasi dan mampu membawa kepramukaan Kabupaten Tabanan berkontribusi dalam mewujudkan visi Pemkab Tabanan menuju Tabanan era baru yang aman, unggul dan madani," kata Bupati Tabanan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan Ngurah Darma menjelaskan Raimuna Nasional Gerakan Pramuka adalah perkemahan besar Pramuka Penegak Pandega yang dikemas dalam kegiatan edukatif di alam terbuka dengan nuansa ceria dibalut dengan persaudaraan dan penuh dedikasi dengan tujuan mencetak Pramuka yang berprestasi sebagai kader pemimpin di masa depan.

Sesuai dengan ketentuan Juknis Raimuna Nasional Tahun ini, Kwarcab Tabanan terdiri dari 48 peserta didik penegak (24 orang putra dan 24 orang putri), 12 orang Pinkoncab dan 3 orang Bindamping, serta 1 orang tenaga kesehatan yang berasal dari masing-masing Kwartir, ranting se-Kabupaten Tabanan.

Kegiatan ini akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Wiladatika, Cibubur, Jakarta, dari tanggal 14 sampai dengan 21 Agustus 2023.

Baca juga: Wakil Wali Kota Makassar ingatkan budaya 3S saat lepas peserta Raimuna
Baca juga: Kajari Selayar lepas kontingen peserta Raimuna Nasional 2023
Baca juga: Wagub Kaltim lepas kontingen pramuka ikuti jambore internasional

Pewarta: Rolandus Nampu/Pande Yudha
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023