kedepankan budaya sipakatau, sipakainge dan sipakalebbi
Makassar (ANTARA) - Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi mengingatkan kepada Kontingen Kwarcab Pramuka Makassar agar menjunjung tinggi budaya 3S yakni, Sipakatau, Sipakainge dan Sipakalebbi selama mengikuti Raimuna Nasional (Rainas) XII di Jakarta.

"Ingat anak-anakku, kita punya tanggung jawab untuk menjaga nama daerah. Kita punya adat istiadat dan budaya, utamanya budaya Sipakatau, Sipakainge dan Sipakalebbi yang harus dijunjung tinggi, dimanapun berada," ujarnya di Makassar, Kamis.

Budaya Sipakatau, Sipakainge dan Sipakalebbi sendiri mempunyai arti saling menghormati, saling menghargai dan saling mengingatkan.

Fatmawati Rusdi selaku Ketua Kwarcab Makassar melepas peserta Raimuna Nasional (Rainas) di Kantor Kwarcab Gerakan Pramuka Makassar.

Ia mengatakan Raimuna Nasional adalah kegiatan yang selalu dinantikan di Gerakan Pramuka, digelar setiap lima tahun.

Pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang di Indonesia diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka.

Baca juga: Wagub Kaltim lepas kontingen pramuka ikuti jambore internasional
Baca juga: Bupati Bekasi lepas 69 Pramuka peserta Jambore Dunia-Regional


Raimuna diselenggarakan mulai dari tingkat Kwartir Ranting (kecamatan) hingga tingkat nasional. Raimunas XII sendiri akan dilaksanakan pada 14-21 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta.

"Anak-anakku yang mewakili Makassar menjadi wajah dari Kwarcab di Kota Makassar. Kedepankan budaya sipakatau, sipakainge dan sipakalebbi," kata Fatmawati Rusdi.

Selain itu, Fatmawati Rusdi pun menyampaikan apresiasi kepada peserta peserta yang telah menunjukkan dedikasinya sehingga mampu mewakili Kota Makassar.

"Ini bukan hal mudah, setelah melalui beberapa tahapan dan persiapan, serta pelatihan-pelatihan, mereka akhirnya terpilih mewakili Kwarcab se - Kota Makassar," tuturnya.

Untuk itu, Fatmawati berharap kesempatan ini digunakan sebaik-baiknya untuk menimba ilmu guna kemajuan gerakan Pramuka, serta mampu memperjuangkan hal yang menjadi isu problematika di Makassar agar dibahas di tingkat pusat.

Raimuna akan berlangsung sejak 14 hingga 21 Agustus. Kwarcab Makassar mengikutsertakan 48 peserta dan 4 pembina pendamping.

Dalam kesempatan tersebut, Fatmawati Rusdi tak lupa mengingatkan para peserta untuk menjaga kesehatan, serta menerapkan disiplin.

Baca juga: Ketua MPR hadiri Rainas XI Pramuka
Baca juga: Presiden minta Pramuka jangan cuma dilatih tali-temali
Baca juga: Ketua Kwarnas Pramuka laporkan persiapan Raimuna ke Presiden

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023