Kita berharap kekeringan ini akan segera berlalu, bukan hanya Makassar, beberapa daerah lainnya pun merasakan hal yang sama
Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota Makassar bersama perusahaan daerah air minum (PDAM) menyalurkan air bersih kepada warga di Kecamatan Ujung Tanah yang menjadi salah satu daerah terdampak kekeringan di musim kemarau saat ini.

"Kita berharap kekeringan ini akan segera berlalu, bukan hanya Makassar, beberapa daerah lainnya pun merasakan hal yang sama," ujar Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi di Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad.

Menurut dia, dampak kekeringan mulai dirasakan warga kota termasuk keterbatasan air bersih pada daerah-daerah tertentu utamanya pada wilayah utara kota untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

Baca juga: Gubernur Khofifah distribusikan 10 ribu liter air bersih

Sedangkan upaya yang dilakukan Pemkot Makassar, kata dia, dengan meminta kepada PDAM Makassar segera menyuplai air kepada warga yang membutuhkan, terutama di daerah bagian utara.

Tidak hanya daerah tersebut, mantan Anggota DPR RI ini juga meminta kepada pihak kecamatan maupun kelurahan yang ada agar melaporkan kondisi daerah masing-masing agar bersama-sama menghadapi dampak El Nino menciptakan kemarau ekstrem.

"Dibutuhkan kerja sama dan kolaborasi dengan baik antara berbagai pihak agar apa yang dirasakan saudara kita dapat lebih ringan," katanya menambahkan.

Direktur Umum PDAM Makassar Indira Mulyasari menyampaikan, sejauh ini PDAM telah menerima titik-titik wilayah yang membutuhkan suplai air bersih untuk segera disalurkan ke warga.

Baca juga: BPBD Pati pastikan desa terdampak kekeringan dibantu air bersih

"Tercatat ada di 66 titik se-Kota Makassar. Kita inventarisasi dulu kemudian secara bertahap kita suplai air bersih ke warga-warga yang membutuhkan," paparnya.

Sementara itu, Lurah Camba Berua, Kecamatan Ujung Tanah, Ahmad Irianto menyebutkan di wilayah kerjanya terdata dari 1.021 kepala keluarga (KK) yang terbagi dalam empat RW hampir merata merasakan kesulitan air bersih.

"Dari 18 RT, hanya sekitar empat RT yang masih mendapatkan air bersih, sedangkan lainnya dalam sebulan ini sulit mendapatkan air bersih. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka membeli air bersih dengan jerigen," ungkapnya.

Dengan pendistribusian air bersih dari PDAM di daerah, tambah dia, warga akan sangat terbantu ketersediaan air bersih. Sesuai permintaan warga, untuk wilayah Kelurahan Camba Berua, akan didistribusikan air bersih sebanyak empat tangki dengan debit air lima kubik setiap harinya.

Baca juga: BPBD Sukabumi intensifkan distribusi air bersih ke daerah kekeringan

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023