Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI sekaligus Presiden ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA) Puan Maharani menyerahkan keketuaan AIPA dari Indonesia ke Laos.

“Saya selaku Presiden AIPA ke-44 menyerahkan palu sidang kepada Laos, sebagai tanda Presidensi Laos untuk sidang AIPA berikutnya,” kata Puan di Jakarta, Rabu.

Secara simbolis, Puan menyerahkan palu sidang AIPA kepada President of National Assembly of Laos, Xaysomphone Phomvihane sebagai tanda estafet presidensi AIPA.

Sidang Umum AIPA ke-45 pun akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2024 di Laos, menyusul presidensi negara tersebut di AIPA tahun depan.

Puan juga menyerahkan estafet bendera AIPA sebagai tanda penyerahan kesekretariatan AIPA dari Indonesia kepada Laos. Puan berharap Laos akan meneruskan perjuangan Indonesia dalam menyukseskan Sidang Umum AIPA berikutnya.

"Saya juga mengapresiasi komitmen seluruh delegasi dalam mengedepankan semangat ASEAN Unity untuk menyikapi segala perbedaan yang muncul dalam setiap diskusi dalam Sidang Umum AIPA ke-44 ini," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Parlemen Laos, Xaysomphone Phomvihane mengatakan, parlemen Laos siap menyelenggarakan AIPA ke-45 dengan belajar dari kesuksesan Parlemen Indonesia.

“Indonesia sebagai tuan rumah telah menyelenggarakan sidang AIPA ke-44 dengan sangat sukses dan laos siap melanjutkan keberhasilan ini dalam sidang aipa ke-45 tahun 2024 nanti," kata Ketua Parlemen Laos usai mendapat menerima estafet presidensi AIPA dari Puan.

Seperti diketahui, DPR RI menjadi tuan rumah menyusul presidensi DPR RI sebagai Ketua AIPA tahun 2023. Presidensi DPR ini sejalan dengan keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023.

Baca juga: Puan: Parlemen berperan pengaruhi politik domestik atasi polarisasi
Baca juga: Puan: Pemuda ASEAN punya potensi agen perubahan positif
Baca juga: Puan minta WAIPA upayakan politik yang inklusif kepemimpinan perempuan

Pewarta: Fauzi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023