"Patroli preventif ini dilakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga di Kota Padangsidimpuan, serta kehadiran Polisi ditengah masyarakat merupakan suatu hal yang selalu diterapkan Polri. Dimana ini salah satu bagian Tupoksi Polri Polres P
Medan (ANTARA) - Personel Sat Samapta Polres Padangsidimpuan menggelar Patroli Sepeda Motor Trail Perintis Presisi untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa di wilayah Hukum Polres Padangsidimpuan, Sumatera Utara.

Pesta demokrasi tahun ini yakni pilkades serentak akan digelar pada 24 Agustus 2023 dan untuk wilayah Kota Padangsidimpuan akan ada 42 Desa yang menjadi lokasi sasaran patroli jelang pilkades serentak.

"Patroli preventif ini dilakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga di Kota Padangsidimpuan, serta kehadiran Polisi ditengah masyarakat merupakan suatu hal yang selalu diterapkan Polri. Dimana ini salah satu bagian Tupoksi Polri Polres Padangsidimpuan dalam hal sebagai pelayan masyarakat," kata Kapolres Padangsidimpuan AKBP Dudung Setyawan, melalui Kasat Samapta AKP T. Saragih, dalam keterangan, Rabu.

Saragih menyebutkan tujuan patroli ini adalah untuk mampu berinteraksi dengan cara menemui warga di sejumlah tempat baik itu di pasar dan lokasi usaha lain untuk mengidentifikasi dan mengantisipasi gangguan kamtibmas.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan patroli ini di objek vital dapat memberikan rasa aman kepada warga serta dapat terciptanya Harkamtibmas yang aman dan kondusif," ucapnya.

Ia mengatakan hal ini sejalan dengan Tupoksi Polri sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat. Kehadiran anggota Polri di tengah masyarakat yang selaras dengan Akronim Polres padangsidimpuan "SANTABI" Selaras, Aman Tampil Baik sesuai program Quick Wins Presisi.

Bahwa kehadiran Polri di tengah masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing, dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya bidang Kamtibmas, Polri selalu melakukan terobosan melalui program-program preventif Harkamtibmas.

Pada kesempatan itu tak lupa personel diintruksikan agar menyampaikan pesan kamtibmas terkait persatuan dan kerukunan menjelang pemilihan Kepala Desa di Kota Padangsidimpuan.

"Walau beda pilihan namun jangan sampai menyebabkan embrio permusuhan dan perpecahan. Mari kita bersama ciptakan stabilitas kamtibmas di wilayah Kota Padangsidimpuan guna mensukseskan pilkades serentak tahun ini dan menjelang Pemilu tahun 2024," kata Kasat Samapta Polres Padangsidimpuan.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023