Jakarta (ANTARA) - Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja mengakomodir para mahasiswa dan alumni Kartu Prakerja untuk dapat mengikuti pelatihan melalui acara "Indonesia Skills Week".

"'Skills week' untuk mengakomodasi alumni-alumni (peserta Prakerja) kita khususnya, sama yang tidak berhak mendapatkan program Kartu Prakerja, contohnya mahasiswa," ujar Direktur Operasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Hengki Sihombing dalam sosialisasi skema normal program Kartu Prakerja di Yogyakarta, Rabu.

Ia mengemukakan sesuai Peraturan Menteri Perekonomian (Permenko), peserta yang sudah pernah ikut program Kartu Prakerja tidak diperbolehkan untuk ikut kembali di program Kartu Prakerja selanjutnya.

Untuk mengakomodasi tingginya minat para alumni Prakerja dan mahasiswa untuk mengikuti pelatihan, ia mengatakan pihaknya meminta lembaga pelatihan yang masuk dalam ekosistem program Kartu Prakerja untuk memberikan pelatihan gratis.

"Kita minta teman-teman ekosistem kita, lembaga pelatihan yang bisa memberikan pelatihan gratis. Sebenarnya itu pelatihan berbayar, tapi kita minta untuk alumni dan masyarakat Indonesia," tuturnya.

Ia mengatakan dalam proyek percontohan Indonesia Skills Week yang diselenggarakan pada Juni 2023, animo para alumni yang ikut pelatihan cukup tinggi sehingga acara itu akan diselenggarakan pada Agustus ini.

"Nanti diadakan regular, saat ini rencananya per dua bulan, kita rencanakan Agustus, nanti selanjutnya di Oktober juga ada," katanya.

Dalam Indonesia Skills Week itu, Hengki mengatakan Prakerja menyiapkan sebanyak lima juta voucher pelatihan bagi peserta.

Sementara itu, Deputi III Kantor Staf Presiden selaku Anggota Tim Pelaksana Kartu Prakerja Edy Priyono mengatakan Indonesia Skills Week merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengakomodasi masyarakat yang ingin meningkatkan keahliannya.

"Kita senang kalau ada yang mau ikut pelatihan, kita cari jalan supaya orang yang sudah pernah ikut kartu prakerja, tapi mereka masih ingin ikut pelatihan lagi diakomodir, termasuk orang yang gak eligible seperti mahasiswa diakomodir. Caranya dengan melakukan Indonesia Skills Week," tuturnya.

Baca juga: KSP: Seluruh provinsi terapkan program Prakerja Skema Normal pada 2023

Baca juga: Program Kartu Prakerja 2023 gunakan skema normal, insentif diturunkan

Baca juga: Manajemen Kartu Prakerja raih sertifikasi pengamanan data peserta

 
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023