Jangan ragu berbagi pengetahuan kepada adik-adik pelajar, karena transfer ilmu dan pelajaran adalah kunci dari keberlanjutan program ini
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim meresmikan pelepasan peserta Program Kampus Mengajar Angkatan VI.
 
"Program Kampus Mengajar sebagai salah satu program unggulan dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah memberikan dampak bagi pembelajaran di SD, SMP, dan SMA," kata Mendikbudristek Nadiem Makarim pada acara pelepasan peserta Program Kampus Mengajar Angkatan VI yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.
 
Mendikbudristek menyebutkan terdapat lebih dari 91 ribu peserta yang disebar ke lebih dari 21 ribu satuan pendidikan pada Program Kampus Mengajar Angkatan I sampai V.
 
Dia menyatakan para peserta dalam angkatan sebelumnya telah berhasil menerapkan ilmu mereka dalam mengembangkan proses pembelajaran yang lebih menyenangkan.
 
"Berangkat dari keberhasilan itu, maka pada angkatan VI ini kami memperluas jenjang dengan melibatkan SMK sebagai sasaran program," ujar Mendikbudristek Nadiem Makarim.

Baca juga: Menggugah semangat belajar lewat program Kampus Mengajar
Ia mengatakan ada 21.409 mahasiswa yang menjadi peserta dalam Program Kampus Mengajar Angkatan VI.
 
Selama masa penugasan, sambungnya, mahasiswa berperan aktif dalam menyusun strategi pembelajaran literasi dan numerasi di satuan pendidikan dimana mereka ditempatkan.
 
Mendikbudristek berpesan kepada para peserta agar memiliki semangat yang besar, memanfaatkan program ini sebaik mungkin, serta mengambil pelajaran sebanyak-banyaknya dari guru dan kepala sekolah yang telah berpengalaman dalam mengajar.
 
"Jangan ragu berbagi pengetahuan kepada adik-adik pelajar, karena transfer ilmu dan pelajaran adalah kunci dari keberlanjutan program ini," kata Nadiem Makarim.

Program Kampus Mengajar adalah program yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar kelas dengan menjadi mitra guru dalam proses pembelajaran di satuan pendidikan.

Baca juga: Nadiem: Kampus Mengajar tingkatkan literasi dan numerasi tepat sasaran
Baca juga: Kampus Mengajar mampu tingkatkan kualitas pendidikan inspiratif

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023