Jayapura (ANTARA) - Tim TNI Manunggal Air dari Kodam XVII/ Cenderawasih saat ini sedang melakukan pengeboran air bersih yang nantinya akan disalurkan ke rumah warga di Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Kepala Peralatan Kodam XVII/Cenderawasih Kol Cpl Reki Feriyanto kepada Antara, Jumat di Jayapura mengaku, berbagai peralatan penunjang yang akan digunakan untuk mencari sumber air sudah dikirim dari Timika ke Batas Batu dengan menggunakan kapal.

Berbagai peralatan sudah tiba di Kenyam dan tim yang berjumlah delapan orang dari Jayapura mulai bekerja.

Kedelapan orang itu merupakan prajurit dari Peralatan Kodam XVII/Cendrawasih yang akan mencari sumber air dan pengeboran sehingga nantinya dapat dialirkan ke pemukiman warga.

"Melalui program "TNI Manunggal Air" yang dicetuskan Pangkostrad diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi air bersih untuk keperluan sehari-hari termasuk di wilayah Kenyam, " kata Reki seraya mengaku, saat mengerjakan kegiatan serupa di satuan pemukiman (SP) XI Timika masyarakat setempat sempat tidak mau menerima kehadiran prajurit namun setelah dilakukan pendekatan ke tokoh masyarakat mereka saat ini sudah menikmati air bersih.

Banyak kampung di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih yang warganya belum menikmati air bersih dengan mudah dan masih memanfaatkan sumber air lainnya seperti mengambil air dari kali atau sungai yang terkadang jaraknya jauh dari perkampungan.

"Prajurit di jajaran Kodam XVII/Cenderawasih akan berupaya membantu memenuhi kebutuhan akan air bersih melalui program TNI Manunggal Air, " kata Kol Cpl Reki.

Kol Cpl Reki yang juga menjabat sebagai koordinator TNI Manunggal Air di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih mengaku jumlah kampung yang dibantu akan terus bertambah karena pihaknya berupaya untuk membantu warga melalui program tersebut.

Saat ini sekitar 30 kampung yang warganya menikmati air bersih melalui program "TNI manunggal air", kata Kapaldam XVII/Cenderawasih Kol Cpl Reki.
Baca juga: Kasad resmikan 100 titik sumber air bersih dukung program pemerintah
Baca juga: TNI AD membangun fasilitas air bersih di 100 titik
Baca juga: Kasad: Program TNI AD Manunggal Air untuk perluas akses air bersih

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023