London (ANTARA News) - Mantan perdana menteri Inggris Margaret Thatcher meninggal dunia Senin ini, demikian juru bicara dia seperti dikutip AFP.

Mantan pemimpin Inggris yang dijuluki "Wanita Besi" yang dominan menghiasi panggung politik Inggris semasa Perang Dingin ini meninggal dunia setelah terserang stroke.

"Dalam kesedihan yang mendalam Mark dan Carol Thatcher mengumumkan bahwa ibunda mereka Baroness Thatcher meninggal dunia dengan tenang menyusul stroke pagi ini," kata Lord Tim Bell.

Thatcher adalah perdana menteri Inggris terlama dengan menjabat mulai 1979 sampai dengan 1990.  Dia juga satu-satunya perempuan Inggris yang menjabat PM.

Sewaktu menjabat perdana menteri, dia menerapkan kebijakan konservatif yang kemudian disebut "Thatcherisme."

Dia lahir pada 13 Oktober 1925 di Grantham, Lincolnshire, dengan nama Margaret Hilda Roberts, dan dinikahi Denis Thatcher pada 1951 yang dikarunia dua anak, yaitu Carol dan Mark.

Denis Thatcher sudah meninggal dunia lebih dulu pada 2003.

Thatcher adalah lulusan Universitas Oxford jurusan kimia.  Dia juga pengacara sebelum kemudian bergabung dengan Partai Konservatif dan meniti karir politik hingga menjadi Perdana Menteri Inggris terlama sebelum digantikan John Major.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013