anggota Pramuka agar menjadi individu yang memiliki kemampuan profesional dan proporsional
Pontianak (ANTARA) - Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalimantan Barat menyiapkan beberapa kegiatan untuk memperingati Hari Pramuka ke-62, dengan melibatkan 2.500 anggota Pramuka.

"Kami dari Kwarda Kalbar telah mempersiapkan sejumlah kegiatan untuk memperingati HUT ke-62 Pramuka Indonesia. Apel Besar Hari Pramuka akan menjadi puncak perayaan ini akan melibatkan sekitar 2.500 peserta upacara," kata Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalbar, Sy. Abdullah Alkadrie, di Pontianak, Sabtu.

Dia memaparkan, setelah pelaksanaan apel pokok, acara akan semakin meriah dengan pertunjukan atraksi dari adik-adik Pramuka Penggalang dan Penegak, juga akan dilangsungkan pertunjukan Tari Semaphore, Perkusi, dan penampilan drum band akan menambah semarak peringatan Hari Pramuka ke-62 ini.

"Dengan berbagai agenda yang telah disusun secara rapi dan melibatkan berbagai elemen Pramuka serta masyarakat, peringatan Hari Pramuka ke-62 di Kalimantan Barat diharapkan akan menjadi momentum yang berkesan dan menginspirasi bagi semua yang terlibat," tuturnya.

Untuk mempersiapkan agenda tersebut, kata Abdullah, pihaknya telah mengatur dengan matang serangkaian agenda kegiatan. Puncak peringatan akan berlangsung pada Hari Senin, 14 Agustus 2023, dengan pelaksanaan Apel Besar Hari Pramuka yang ke-62 Tahun 2023.

Baca juga: Kwarda Pramuka Kalbar dorong penggalang berprestasi harumkan daerah
Baca juga: Gandeng TRC-Pramuka, BNI Putussibau salurkan bantuan korban banjir


Tagline yang diusung oleh Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka dalam perayaan Hari Pramuka tahun ini adalah "Pramuka Sumber Daya Manusia Yang Profesional dan Proporsional".

"Ini mencerminkan komitmen Gerakan Pramuka dalam mengembangkan potensi anggota Pramuka agar menjadi individu yang memiliki kemampuan profesional dan proporsional," tuturnya.

Untuk melancarkan kegiatan tersebut, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalbar, telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) yang menunjuk Windy Prihastari sebagai Ketua Panitia Pelaksana Peringatan Hari Pramuka ke-62.

Diketahui, Windy Prihastari merupakan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat. Keputusan ini menegaskan komitmen para pemimpin dalam memastikan bahwa peringatan Hari Pramuka ini berjalan dengan lancar dan sukses.

"Rangkaian acara peringatan Hari Pramuka ke-62 sudah tersusun dengan baik. Beberapa agenda utama termasuk Malam Renungan dan Ulang Janji, Misa Peringatan Hari Pramuka, Shalawat dan Dzikir, serta Ziarah ke Makam Tokoh Pramuka Kalimantan Barat. Selain itu, agenda donor darah juga akan dilaksanakan sebagai bentuk kontribusi positif Pramuka terhadap masyarakat," katanya.

Baca juga: Eagle dukung tim Indonesia di World Scout Jamboree 2023
Baca juga: Raimuna Nasional perkuat pemahaman anggota Pramuka tentang Indonesia
Baca juga: Kemenparekraf: Raimuna Nasional memperkuat capaian pergerakan wisnus

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023