Jakarta (ANTARA) -
Siswa berprestasi dari SMP Negeri 115 DKI Jakarta, Andi Salman Najafy, terpilih menjadi pemimpin upacara memperingati HUT RI Ke-77 dalam Jambore Nasional XI di Cibubur, Jakarta, Rabu.

 Salman yang merupakan Pramuka Penggalang dari Gudep 03-051 SMPN 115 Jakarta, Kwarcab Jakarta Selatan, Kwarda DKI Jakarta itu, tampil memukau seluruh peserta dan tamu undangan yang hadir.
 
"Saya bersyukur dapat menjalankan tugas 
semaksimal mungkin," kata Salman dalam keterangan panitia Jambore Nasional XI yang diterima di Jakarta.

Persiapan untuk sampai di kegiatan ini cukup panjang. Setelah terpilih lewat seleksi Kwarran dan Kwarcab, lalu menjalankan proses seleksi dan persiapan Kwarda sejak April.

"Sejak Juni dilakukan seleksi dan persiapan di Kwarnas," katanya.
 
Salman yang lahir di Jakarta 23 Januari 2008 itu merupakan penggemar kegiatan kepramukaan. Dia berprestasi khususnya dalam bidang pemrograman komputer.

Baca juga: Kakwarnas: Pramuka harus selalu jalin persaudaraan sesama anak bangsa
Baca juga: 11 ribu Pramuka Penggalang ikuti Jambore Nasional


Bahkan Salman telah menguasai berbagai bahasa pemrograman komputer (coding) hingga telah berhasil mengembangkan berbagai web maupun aplikasi.

Dia mendapat apresiasi khusus untuk presentasi di hadapan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada September 2021.
 
Salman yang juga Ketua OSIS SMPN 115 Jakarta juga telah membangun website Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di sekolahnya.

Jambore Nasional pada 14-21 Agustus 2022 mengangkat tema "Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi" diikuti oleh 10.000 lebih peserta Pramuka Penggalang dari Kwarda seluruh Indonesia. Salman menilainya sebagai sesuatu yang sangat positif dan menyenangkan.
 
Jambore Nasional adalah kegiatan yang seru dan menyenangkan karena kegiatan ini bermanfaat, banyak pengalaman dan ilmu baru, juga teman baru. "Sukses Jamnas XI dan selamat Hari Pramuka ke 61," kata
Salman.
 
Dalam upacara peringatan HUT RI Ke-77 pada Jambore Nasional XI pada 17 Agustus 2022 ini, sebagai inspektur upacara adalah Komjenpol (Purn) Budi Waseso yang juga Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022