tim kesehatan dari Dinkes yang setiap hari memantau kesehatan pasukan
Garut (ANTARA) - Sebanyak 35 orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) Kabupaten Garut, Jawa Barat terus semangat berlatih meski cuaca panas di musim kemarau untuk memaksimalkan persiapan pengibaran bendera pada HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Wawasan Kebangsaan pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Garut sekaligus sebagai penyelenggara pengibaran bendera pusaka, Acep Ismail di Garut, Sabtu, mengatakan, kondisi cuaca panas sudah menjadi biasa, sehingga tidak ada persiapan khusus, semua personel tetap berlatih untuk persiapan peringatan HUT RI di Garut.

"Tidak ada persiapan khusus, kalau menurut Ketua PPI (Purna Paskibra Indonesia) sama saja dengan tahun yang sebelumnya," kata Acep Ismail.

Ia menuturkan Paskibra Kabupaten Garut sudah disiapkan sebanyak 35 orang perwakilan dari sejumlah kecamatan berdasarkan hasil seleksi secara ketat sejak Januari 2023.

Putra putri terbaik Paskibra Garut itu, kata dia, saat ini mulai 9 sampai 16 Agustus 2023 sudah menjalani karantina agar fokus melaksanakan tugas untuk persiapan pengibaran bendera pusaka.

"Semua ada 35 orang tersebar dari beberapa kecamatan, yang terjauh Kecamatan Talegong, berdasarkan hasil seleksi wilayah dari bulan Januari 2023," katanya.

Baca juga: Pemprov Papua: Kesiapan tim Paskibraka 90 persen jelang upacara HUT RI
Baca juga: Pemkab Bogor seleksi 1.296 pendaftar calon Paskibra


Seluruh pasukan itu, kata dia, setiap hari mengikuti latihan mulai pukul 7.00 sampai 16.00 WIB di Alun-alun Kabupaten Garut yang menjadi tempat diselenggarakannya upacara peringatan HUT ke-78 RI.

Ia mengatakan pasukan menjalani pemusatan latihan yang dibina langsung oleh Pasukan 45 dari TNI, dan juga mendapatkan perhatian dari tim kesehatan yang hingga saat ini semua personel dalam keadaan sehat dan mental yang baik.

"Kami juga menyediakan tim kesehatan dari Dinkes yang setiap hari memantau kesehatan pasukan, alhamdulillah sampai saat ini masih dalam kondisi baik," katanya.

Ia menambahkan seluruh panitia maupun personel Paskibra Garut dipastikan semua sudah siap dan diharapkan saat pelaksanaannya pada 17 Agustus 2023 berjalan lancar.

"Sampai saat ini tidak ada kendala, kami percaya kepada tim dari PPI dan TNI bisa mengaturnya agar berjalan lancar," kata Acep.

Baca juga: Najwa Shihab bakar semangat calon Paskibraka 2023
Baca juga: BPIP: Paskibraka garda terdepan pengamal Pancasila
Baca juga: Proses seleksi penerimaan Paskibraka kini dilakukan secara online



 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023