Jakarta (ANTARA) -
DPP Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) dan Women Lawyer Ikadin menggelar bakti sosial dalam bentuk konsultasi hukum gratis dan donor darah dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-78.
 
‎"Kami menyelenggarakan kegiatan donor darah, konsultasi hukum secara cuma-cuma, dan menyediakan hiburan untuk teman-teman sesama Ikadin," kata Ketua Umum Ikadin Adardam Achyar dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.
 
Perwakilan atau utusan dari berbagai DPC Ikadin di seluruh Indonesia turut hadir dalam kegiatan bakti sosial yang digelar di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, tersebut.
 
"Memang‎ luar biasa acaranya karena dihadiri teman-teman dari daerah, dengan semangat kebersamaan, kekompakan, dan juga tetap menggelorakan semangat perjuangan," ujar Adardam.
 
Selain itu Ikadin juga ‎menghadirkan sejumlah Usaha Mikro, Kecil, Menengah Tangguh Mandiri (UMKMTI) untuk menjajakan produknya pada kegiatan tersebut tanpa dipungut bayaran.

Hal itu juga sebagai wujud kepedulian Ikadin terhadap masyarakat, terutama para pelaku UMKM dan mendukung program pemerintah ‎memajukan UMKM.
 
Ikadin juga siap membantu dan dukung program pembangunan pemerintah, terutama di bidang hukum.
 
Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Penasihat Ikadin, Otto Hasibuan menyampaikan Ikadin akan terus berjuang mewujudkan keadilan bagi rakyat Indonesia dan memajukan advokat di Tanah Air.
 
‎"Kalau persoalan hukum, ini bagian penting yang harus diperjuangkan oleh Ikadin. Karena biar bagaimanapun pemerintahan Presiden Jokowi telah berhasil dalam bidang pembangunan, keadilan, bidang ekonomi, poltik semuanya kan stabil," ujarnya.
 
Pihaknya mengharapkan bidang hukum bisa seperti bidang-bidang lainnya. Karena kalau semua bidangnya bagus, namun hukumnya tak sejalan, maka tidak akan dapat menopang, sehingga rakyat sulit mendapatkan keadilan.
 
"Ikadin mengawal semua, membantu pemerintah, masyarakat, tadi Pak Adardam bilang, kita juga memberikan bantuan hukum secara gratis kepada masyarakat. Ikadin juga punya pusat bantuan hukum dan sebagainya," ujar dia.
 
Ia menilai kehadiran perwakilan dari berbagai DPC Ikadin ini merupakan simbol semangat memperjuangkan keadilan dan perayaan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.
 
"Ini juga menunjukkan bahwa Ikadin ini tetap eksis, tetap berjuang menopang Peradi, dan juga memperjuangkan keadilan dalam masyarakat Indonesia," pungkasnya.

Baca juga: Ikadin fokus benahi struktur organisasi pusat hingga daerah
Baca juga: Maqdir Ismail dorong amendemen UU Advokat pertegas sistem multibar

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2023