Sebanyak 50 orang membentangkan bendera tersebut
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 50 warga membentangkan bendera merah putih dengan panjang 78 meter di halaman Kelurahan Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu, dalam rangka menyambut HUT Ke-78 Republik Indonesia.

Kegiatan ini merupakan inisiatif warga RW 07 Kelurahan Duren Sawit lewat acara gebyar merah putih.

"Tadi saya dapat kejutan dari warga RW 07 yang membawa bendera panjang sekali sekitar 78 meter. Sebanyak 50 orang membentangkan bendera tersebut," kata Lurah Duren Sawit, Santi Nur Rifiandini di Jakarta, Minggu.

Bendera yang dibentangkan hingga ke pinggir jalan Banjir Kanal Timur (BKT) itu menjadi pusat perhatian warga yang datang ke acara gebyar merah putih itu.

Sejumlah pengendara yang melintas juga nampak merekam momen satu tahun sekali itu dengan menggunakan ponsel.

Dalam kegiatan gebyar merah putih yang digelar sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB itu beragam macam kegiatan digelar mulai dari perlombaan, bazar, dan penampilan kesenian daerah.

"Hari ini ada bazar, senam bersama, beragam perlombaan antara lain lomba senam kreasi, lomba gambar untuk anak-anak, lalu lomba mewarnai untuk anak-anak, ada juga nanti sore lomba karaoke dan lomba peragaan busana yang kostumnya dibuat oleh dari barang-barang bekas," kata Santi.

Selain itu, juga ada lomba estafet bola,  lomba joget balon, hingga lomba tahan tawa, dan berbagai lomba dihadirkan hingga Minggu sore.
Lurah Duren Sawit Santi Nur Rifiandini saat memberikan keterangan pers di Kantor Kelurahan Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (13/8/2023). ANTARA/Syaiful Hakim


Dia  berharap dengan adanya kegiatan gebyar merah putih dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI masyarakat dapat lebih mencintai tanah air, serta menjaga nilai kekompakan maupun persatuan di Indonesia, khususnya di wilayah Kelurahan Duren Sawit.

"Saya harap masyarakat lebih mencintai negerinya dan lebih solid menjaga persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman di Jakarta," ucapnya.
Baca juga: Puan Maharani sebut kedatangannya jadi kado HUT Ke-45 AHY
Baca juga: Indonesia juara umum Worldskills ASEAN ke-13, Menaker: kado HUT RI
Baca juga: Kemenag DKI apresiasi pegawai KUA Duren Sawit lolos PAI Award Nasional

 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023