Jakarta (ANTARA) -
Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Timur telah menangkap seorang kakek berinisial U (72) yang diduga melakukan pelecehan seksual terhadap siswi Sekolah Dasar (SD) di Cipinang Muara, Kecamatan Jatinegara, pada Jumat (11/8).
 
"Pelaku telah ditangkap dan saat ini ditahan di Mapolres Metro Jaktim," kata Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Leonardus Simarmata ketika dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Minggu.
 
Kepada penyidik Polres Metro Jakarta Timur (Jaktim), pelaku telah mengakui perbuatannya itu. Kepolisian pun telah menetapkannya sebagai tersangka.
 
Saat ini kasus itu ditangani oleh Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Metro Jaktim.
 
Ditemui secara terpisah, Ketua RT 11 Cipinang Muara 3, Imam Maulana mengatakan, pelaku yang sudah lanjut usia itu melakukan pelecehan di dua tempat. Pertama, di gang samping SD dan kedua di pos sekretariat RT.
 
Ketua RT 11 Cipinang Muara Imam Maulana saat menunjukkan tempat kejadian perkara (TKP) pelecehan seksual terhadap siswi sekolah dasar, di Cipinang Muara 3, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (13/8/2023). ANTARA/Syaiful Hakim
Menurut dia, peristiwa itu bermula ketika korban tengah pulang sekolah seorang diri dan melintas melalui gang yang berlokasi persis di samping sekolahnya pada Jumat (11/8) pagi sekitar 09.00 WIB.

Sampai di ujung gang, korban dipepet pelaku yang saat itu menggunakan sepeda. Sontak korban panik dan bingung sehingga hanya bisa terdiam, terlebih tangan pelaku kemudian menjulur ke bagian dada korban.
 
Seketika aksi pelaku langsung terhenti karena ada seorang ibu melintas menggunakan sepeda motor di lokasi.
 
"Awalnya itu ketahuan di situ sama seorang ibu. Jadi ibu ini melihat si pelaku itu meraba dada si korban," kata Imam.
 
Ibu tersebut langsung bertanya maksud kakek itu berdekatan dengan korban. "Ibu itu curiga langsung nanya bapak ngapain, dan kata bapak itu lagi nungguin tas. Memang saat itu lagi ada anak kecil tasnya dibawa,” tuturnya.

Baca juga: Polisi dorong mahasiswi UNJ korban pelecehan buat laporan
 
Namun, ibu tersebut merasa ragu dan curiga terhadap kakek tersebut sehingga menyuruh anak itu untuk segera pulang ke rumah.
 
"Terus si Ibu nanya ke anak kecil kan kenal tuh, anak kecil itu langsung ditanya kamu ngapain? Ayo pulang saya anterin, terus ya anak itu tidak mau, terus ibunya bilang ya udah kalau tidak mau langsung pulang," ujarnya.
 
Namun, pada Jumat malam ada seorang warga yang meminta agar rekaman CCTV yang ada di gang samping sekolah dan pos sekretariat RT diperiksa.

Dari rekaman itu terungkap kakek tersebut nampak melakukan aksi bejat terhadap siswi SD kelas satu tersebut di kantor sekretariat RT setempat.
 
Dia pun meminta warganya untuk lebih waspada dan mengenali ciri pelaku. Warganya ada yang mengunggah rekaman CCTV tersebut ke media sosial sehingga menjadi viral.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023