Kandahar (ANTARA) - Pemerintah sementara Afghanistan menyatakan China memiliki arti sangat penting bagi negaranya dan menghargai peran negeri tirai bambu itu berperan dalam masalah Afghanistan, kata Kepala Juru Bicara Zabihullah Mujahid.

"Hubungan kami dengan China sangat berharga dan kami menganggapnya sangat penting, terutama di sektor ekonomi dan diplomatik," kata Mujahid kepada Xinhua dalam sebuah wawancara eksklusif baru-baru ini.

Dia mengatakan China membantu Afghanistan selama masa-masa sulit, terutama ketika negara itu dilanda bencana alam, termasuk banjir.

"China membantu suara rakyat Afghanistan didengar di panggung dunia," tambahnya.

Guna membantu mencegah kemungkinan terjadinya bencana kemanusiaan, China telah memberikan bantuan darurat senilai jutaan dolar AS kepada Afghanistan, termasuk pasokan makanan dan pakaian musim dingin, setelah pasukan koalisi yang dipimpin oleh Amerika Serikat menarik diri dari Afghanistan.

Mujahid juga menyatakan kepuasannya atas hubungan perdagangan antara Afghanistan dan China.

"Kami memiliki hubungan dagang yang baik dengan China dan kami telah melakukan ekspor ke China. Buah kering merupakan salah satu komoditas yang diekspor Afghanistan dalam jumlah besar ke China," jelasnya.

Dia pun berharap China dapat membantu Afghanistan di sektor investasi.

"Kami berharap China, sebagai kekuatan ekonomi yang kuat di kawasan ini, dapat membantu Afghanistan di bidang ekonomi, terutama dalam hal investasi. Kami ingin bekerja sama dengan China. Afghanistan dapat menjadi tetangga yang baik bagi China," ujar Mujahid.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023