Termasuk juga bagaimana perkembangan kemajuan daripada pembangunan ibu kota baru kita
Jakarta (ANTARA) - ​​​​​​Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan bahwa pihaknya sudah siap untuk menggelar acara Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2023 pada Rabu (16/8).

"Kita sudah siap untuk menggelar besok acara sidang tahunan MPR yang akan dimulai jam 08.30 WIB, semoga bisa berjalan sesuai harapan," kata Bamsoet usai acara gladi bersih persiapan Sidang Tahunan MPR RI di Gedung Nusantara, Komplek DPR RI, Jakarta, Selasa.

Terkait dekorasi acara, Bamsoet menuturkan bahwa dekorasi Sidang Tahunan MPR RI tahun ini akan lebih hebat dibandingkan tahun 2022. "Tidak seperti biasanya, ini lebih dahsyat dari pada tahun lalu," ucapnya.

Bamsoet pun menjelaskan bahwa Presiden RI Joko Widodo akan menyampaikan perkembangan terkait pemerintahan dan langkah-langkah yang perlu dikerjakan di masa mendatang.

"Termasuk juga bagaimana perkembangan kemajuan daripada pembangunan ibu kota baru kita," ujarnya.

Baca juga: Bamsoet sampaikan agenda sidang tahunan MPR RI tahun 2023

Baca juga: Pimpinan MPR sampaikan persiapan sidang tahunan kepada Presiden


Dalam kesempatan tersebut, Bamsoet turut didampingi pula oleh pimpinan MPR lainnya, di antaranya Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto dan Hidayat Nur Wahid (HNW), serta Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus.

Sebelumnya, Senin (14/8), Bamsoet menjelaskan sidang tahunan MPR akan diselenggarakan dalam satu rangkaian dengan sidang bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), yang akan dihadiri 1.549 undangan.

Undangan di antaranya Presiden dan Wakil Presiden RI, mantan presiden dan mantan wakil presiden, mantan ketua MPR/DPR dan DPD, pimpinan lembaga negara, seluruh anggota MPR yang terdiri dari DPR dan DPD, menteri kabinet Indonesia maju dan pejabat setingkat menteri, kemudian ketua umum partai politik yang mewakili keterwakilan DPR, kemudian raja-raja Nusantara, ketua ormas keagamaan dan perwakilan teladan dari seluruh Nusantara.

Baca juga: Bamsoet: Sidang Tahunan MPR 2023 akan berlangsung dua hari

Agenda pokok sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR/DPD Tahun 2023 adalah pidato presiden Republik Indonesia tentang penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan sekaligus pidato kenegaraan dalam rangka HUT kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023