Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia Tunis menggelar Pekan Olahraga dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Tunisia pada Senin (14/8).

Duta Besar RI untuk Tunisia Zuhairi Misrawi dalam acara pembukaan pekan olahraga menegaskan bahwa HUT Kemerdekaan adalah momen merefleksikan makna kemerdekaan dan menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi kemakmuran dan kesejahteraan.

"Bung Karno sebagai Bapak Proklamator mengingatkan kita semua agar kemerdekaan kita dari penjajahan digunakan sebagai jembatan emas untuk membangun peradaban bangsa," ujar Misrawi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta pada Selasa.

Sehingga semua anak negeri dapat merasakan kemakmuran, kesejahteraan, kemajuan, dan keadilan, lanjut dia.

Oleh karena itu, Misrawi mengajak agar hendaknya perayaan HUT Kemerdekaan dapat dijadikan refleksi dan pelajaran untuk dapat berperan aktif dalam membangun bangsa.

Misrawi juga meminta agar para Warga Negara Indonesia (WNI) bersyukur atas nikmat kemerdekaan sambil membangun solidaritas antara sesama warga bangsa.

"Pada HUT Kemerdekaan RI ke-78 ini, kita hendaknya bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan nikmat yang luar biasa pada negeri kita," kata Misrawi.

Dia juga mengajak para WNI untuk memperkokoh kesolidan dan solidaritas kebangsaan, serta merayakan kemerdekaan RI ke-78 ini dengan penuh kegembiraan dan keceriaan.

Pekan Olahraga yang digelar KBRI Tunis diikuti oleh WNI dengan melombakan cabang olahraga futsal, tenis meja, game, play station, karaoke, stand up comedy, dan aneka olahraga tradisional.

Baca juga: KBRI Tunis gelar malam Nuzulul Quran bersama WNI di Tunisia
Baca juga: KBRI Tunis shalat Id dan halal bihalal bersama WNI di Tunisia
Baca juga: KBRI gelar silaturahim dengan Sahabat Indonesia di Tunisia
Baca juga: Dubes RI paparkan kemajuan Indonesia di media Tunisia

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023