genggam nilai-nilai kebangsaan guna mewujudkan persatuan dan kesatuan
Medan (ANTARA) - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengukuhkan sebanyak 70 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Sumut untuk memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2023.

Dalam kesempatan itu, Edy Rahmayadi mengatakan Paskibraka menjadi sarana untuk pemuda agar bisa memaknai nilai-nilai kebangsaan.

"Kalian yang telah dikukuhkan sebagai petugas pengibar bendera merah putih, kalian sudah dilatih, genggam nilai-nilai kebangsaan guna mewujudkan persatuan dan kesatuan," ujar Edy Rahmayadi saat mengukuhkan 70 Paskibraka Sumut, di Medan, Selasa.

Ia mengatakan, seorang anggota Paskibraka menjadi figur yang bisa dicontoh dan kebanggaan bagi kedua orang tuanya.

"Tahun silih berganti, sudah 78 tahun dan di tahun 2023 saya masih diberi kesempatan untuk mengukuhkan Paskibraka. Inilah kebanggaan mereka. Dan melihat orang-orang tuanya, mereka jadi figur," kata Edy Rahmayadi.

Baca juga: Muhadjir: Anggota Paskibraka dilatih pembentukan karakter Pancasila
Baca juga: Kepala BPIP tersentuh banyak Paskibraka dari keluarga tidak mampu


Menurut Edy, seluruh Paskibraka yang baru dikukuhkan merupakan  generasi penerus yang akan melanjutkan tongkat estafet kepimpinan bangsa ini.

"Kami berusaha mewujudkan santi aji dan santi dharma, kami memimpin dengan penuh reprensi, kami berbuat dengan aturan aturan yang ada di Indonesia, semoga kalian melihat untuk menjadi motivasi kalian," sebutnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa, Badan Kesatuan Bangsa Politik Provinsi Sumatera Utara, Muhammad Andry, di Medan, mengatakan 70 calon Paskibraka yang terdiri dari 36 laki-laki dan 34 perempuan tersebut telah mengikuti pendidikan dan pelatihan sejak 5 Agustus 2023 di Lapangan Astaka Kota Medan.

"Mereka dilatih, terkait mental, fisik, disiplin, baris berbaris yang diinstruksikan oleh TNI-Polri dan purna Paskibraka Sumut, agar mereka nanti melaksanakan tugas yang baik pada HUT Kemerdekaan RI yang ke-78 ini," ujar Andry.

Ia berharap seluruhnya dapat menjalankan tugas yang diamanahkan dengan baik serta dapat melanjutkan perjuangan dari pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Tanah Air.

"Harapannya para Paskibraka nantinya dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya pada penaikan dan penurunan bendera pada HUT ke-78 RI tingkat Provinsi Sumut, mohon doa dari masyarakat Sumatera Utara," kata Andry.

Baca juga: Presiden Jokowi kukuhkan anggota Paskibraka 2023
Baca juga: Pemkot Bengkulu kukuhkan 30 paskibraka untuk HUT ke-78 RI
Baca juga: Wali Kota Medan kukuhkan 42 anggota Paskibraka

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023