Nilai investasi Indocement yang berhubungan dengan keberlanjutan telah mencapai lebih dari Rp1 triliun.
Kabupaten Bogor (ANTARA) - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk menerima penghargaan Platinum Champion in Corporate Social Responsibility Program, untuk kategori Environmental Element dalam Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Awards (BISRA) 2023.

Sekretaris Perusahaan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Dani Handajani, di Bogor, Jawa Barat, Selasa, menjelaskan bahwa pada tahun ini Indocement mengangkat makalah berjudul Energizing for a Greener Future.

Makalah tersebut menjelaskan upaya Indocement dalam melakukan mitigasi terhadap perubahan iklim, salah satunya dengan menggunakan bahan bakar alternatif seperti sekam padi, oil sludge, sampah perkotaan, ban bekas, serbuk gergaji, bekas kemasan dan refused derived fuel (RDF).

Indocement juga berinvestasi dengan membangun fasilitas RDF, seperti feeding facility, shredder dan mixing facility serta investasi terbaru adalah hot-disc facility.

"Nilai investasi Indocement yang berhubungan dengan keberlanjutan telah mencapai lebih dari Rp1 triliun dalam lima sampai enam tahun terakhir ini," kata Dani.

Menurut dia, langkah-langkah berkelanjutan tersebut merupakan bukti upaya Indocement terus meningkatkan kapasitas dan kemampuannya dalam menggunakan bahan bakar alternatif.

Hal itu sejalan dengan target dari Indocement untuk menggunakan bahan bakar alternatif lebih dari 40 persen dari total penggunaan bahan bakar.

Dani memaparkan, Indocement juga menjalankan program lain, seperti program #Trashback untuk mengumpulkan kembali kantong semen bekas dari konsumen, sehingga bisa didaur ulang. Kemudian, program Sedekah Sampah untuk mendorong gaya hidup ramah lingkungan untuk karyawan, serta program bagi masyarakat desa mitra untuk mendaur ulang sampah rumah tangga.

"Semoga penghargaan ini bisa menjadi contoh yang baik untuk perusahaan-perusahaan di seluruh Indonesia," ujarnya pula.

Penghargaan tersebut, kata Dani lagi, merupakan bukti nyata terhadap komitmen Indocement melakukan mitigasi perubahan iklim melalui mengurangi penggunaan batu bara dalam proses produksi dan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan.

BISRA 2023 diselenggarakan atas kerja sama antara Harian Bisnis Indonesia dengan Habitat for Humanity Indonesia. Penganugerahan BISRA 2023 dilaksanakan pada Selasa, 15 Agustus 2023, di Ballroom Aryaduta Hotel, Jakarta.
Baca juga: Indocement bukukan penjualan 8,3 juta ton di semester I 2023
Baca juga: Indocement bertekad jadi perusahaan hijau di Indonesia

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023