Kabupaten Bogor (ANTARA) - PT Indocement Tunggal Prakarsa melalui anak perusahaannya PT Dian Abadi Perkasa mengakuisisi atau membeli keseluruhan saham PT Semen Grobogan untuk menambah kapasitas produksi.

Direktur Utama Indocement Christian Kartawijaya di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu, mengungkapkan bahwa pembelian 100 persen saham PT Semen Grobogan itu akan memperkuat posisi Indocement di pasar Jawa Tengah.

Sebab pabrik ini, kata dia, memiliki kapasitas produksi sebesar 1,8 juta ton klinker dan 2,5 juta ton semen per tahun dengan persediaan bahan baku untuk 50 tahun ke depan.

“Kita juga bisa meningkatkan efisiensi biaya logistik, mengingat lokasi Pabrik Semen Grobogan yang strategis,” kata Christian.

Ia mengungkapkan bahwa transaksi jual beli saham ini akan berlaku efektif saat seluruh pihak memenuhi syarat dan kondisi yang ditentukan dalam perjanjian tersebut, yakni pada 1 Desember 2023.

“Para pihak telah sepakat untuk tidak mempublikasikan nilai transaksi penjualan saham,” ungkap Christian.

Menurut dia, pada penandatanganan jual beli saham ini, daerah yang akan disisir antara lain, Jalan Tol Solo–Yogyakarta, Yogyakarta–Bawen, dan Semarang–Demak serta Kawasan Industri Batang dan Daerah Ekonomi Khusus Kendal.

"Kami optimis untuk menyambut banyak proyek strategis nasional yang akan dikembangkan di daerah Jawa Tengah,” bebernya.

Christian menyebutkan Indocement mempunyai 13 pabrik dengan total kapasitas produksi tahunan sebesar 25,5 juta ton semen.

Sepuluh pabrik berlokasi di Kompleks Pabrik Citeureup, Bogor, Jawa Barat, dua pabrik di Kompleks Pabrik Cirebon, Cirebon, Jawa Barat dan satu pabrik di Kompleks Pabrik Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Pada 2022, Indocement telah mengoperasikan Pabrik Bosowa setelah penandatangan Perjanjian Sewa Pakai Aset dengan PT Semen Bosowa Maros dan PT Bosowa Corporindo. Heidelberg Materials telah menjadi pemegang saham mayoritas Indocement sejak 2001.

Baca juga: Pasok semen ramah lingkungan, Indocement-Krakatau Posco kerja sama
Baca juga: PT Indocement menerima penghargaaan BISRA 2023
Baca juga: Indocement bertekad jadi perusahaan hijau di Indonesia

 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023