Hasil karya tersebut dipresentasikan dan dinilai oleh juri dari internal Indocement
Kabupaten Bogor (ANTARA) - PT Indocement Tunggal Prakarsa mengumumkan sembilan bank sampah di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang menjadi finalis dalam Indocement Bang Sampah Awards (IBSA) 2023.

Manajer Divisi CSRC Indocement Gadang Wardono di Citeureup, Bogor, Senin, menyebutkan sembilan bank sampah yang masuk babak grand final masing-masing diberikan tantangan mystery box yang berisi kantong sak semen Tiga Roda untuk diolah menjadi sebuah karya seni yang menarik dan kreatif.

"Hasil karya tersebut dipresentasikan dan dinilai oleh juri dari internal Indocement yang melibatkan perwakilan dari divisi selain CSR yaitu dari paper bag division pada saat acara penganugerahan tanggal 30 November 2023," kata Gadang.

Kegiatan IBSA 2023 berlangsung dua sesi, yakni sesi penjurian pada 28 November 2023, berlokasi di Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Zalak, RW 11 Desa Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Kemudian, sesi penganugerahan pada 30 November 2023 di Taman Wisata Balekambang, Desa Bantarjati, Kabupaten Bogor.

Baca juga: Berdaya dari ekonomi sirkular melalui Bank Sampah ASOKA V

Program pemberian penghargaan untuk Bank Sampah desa mitra pada pelaksanaannya di tahun ketiga ini mengusung slogan “Kenangan dapat hilang, plastik 1.000 tahun takkan hilang. Ayo bijak kelola sampah!”.

"Tujuan dari penyelenggaraan penghargaan ini adalah untuk memberikan apresiasi kepada Bank Sampah desa mitra yang tetap konsisten melakukan kegiatan lingkungan melalui pemilahan dan edukasi sampah," terang Gadang.

IBSA 2023 diikuti oleh 18 Bank sampah mitra KRL Indocement dan melibatkan beberapa juri yakni, Betty Noryas Tuti dan Abu Rifki dari Satuan Tugas Lingkungan Hidup (Satgas LH) dari Desa Gunung Putri dan Kecamatan Citeureup, serta Evie Sukaesih (ASOBSI Kabupaten Bogor Bidang Pelatihan dan SDM).

"Selain sesi penilaian kinerja bank sampah, juga dilakukan sesi konsultasi bagi pengurus bank sampah untuk mendapatkan masukan positif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan aktivitas bank sampah masing-masing," ujarnya.

Baca juga: Masyarakat Klaten olah sampah untuk peningkatan ekonomi

Ia berharap dengan adanya IBSA 2023, bank sampah mitra dapat semakin termotivasi untuk berkontribusi baik terhadap lingkungan, serta dapat menggali kreativitas untuk mengolah bahan daur ulang menjadi produk bernilai seni tinggi.

"Sekaligus memberi edukasi kepada bank sampah mitra untuk terus konsisten melakukan pencatatan dengan baik dan terstruktur. Selain itu, diharapkan dengan adanya IBSA akan mendorong pembentukan bank sampah baru secara merata di desa mitra Indocement," tuturnya.

Adapun sembilan finalis Bank Sampah Awards 2023 dalam grand final adalah:
A. Kategori Platinum
1) Bank Sampah Manfaat - RT 03 RW 08 Kel. Puspanegara
2) Bank Sampah Pelita - RT 03 RW 04 Desa Gunung Sari
3) Bank Sampaha Smartlink - RT 04 RW 04 Desa Gunung Sari

B. Kategori Gold
1) Bank Sampah Zalak 2 - RT 02 RW 12 Desa Gunung Putri
2) Bank Sampah Pelangi - RT 01 RW 02 Desa Gunung Putri
3) Bank Sampah Kancil - RT 01 RW 06 Kel. Puspanegara

C. Kategori Silver
1) Bank Sampah Pesona - RT 06 RW 07 Kel. Puspanegara
2) Bank Sampah Harendong - RT 04 RW 04 Desa Hambalang
3) Bank Sampah Bersinar - RT 02 RW 05 Desa Bantarjati

Baca juga: Pegadaian Beri Penghargaan Untuk Bank Sampah Binaan Terbaik Se-Indonesia
Baca juga: Plastic Bank-SC Johnson kumpulkan 40 juta kilogram plastik daur ulang

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023