Mataram (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, cuaca di wilayah Nusa Tenggara Barat pada hari ulang tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, 17 Agustus 2023, Kamis diprakirakan cerah hingga berawan.

"Cuaca di wilayah NTB tanggal 17 Agustus itu cerah berawan," kata Prakirawan BMKG Stasiun Zaenudin Abdul Majid Lombok, Nur Siti Zulaicha dalam keterangan tertulisnya di Mataram, Rabu.

Baca juga: BMKG prakirakan mulai 17-19 Juli cuaca NTB cerah berawan

Potensi cuaca cerah berawan di wilayah NTB berpotensi terjadi di wilayah Kota Mataram, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Utara. Selain itu, di wilayah Kabupaten Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima dan Kabupaten Dompu.

"Kekeringan meteorologi meluas di beberapa wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) menuju periode puncak musim kemarau tahun ini," katanya.

Baca juga: BMKG: Cuaca Lombok cerah berawan pada ajang MXGP hari ini

Peringatan dini kekeringan meteorologis pada level Awas terdapat di Kabupaten Lombok Timur di Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Utara di Kecamatan Bayan dan Kabupaten Sumbawa di Kecamatan Utan. Sedangkan level Siaga terdapat di Kabupaten Dompu Kecamatan Dompu, Huu, Kempo, Kilo, Manggalewa, Pajo, Woja.

Kabupaten Bima di Kecamatan Belo, Bolo, Donggo, Lambitu, Lambu, Madapangga, Palibelo, Sanggar, Sape, Soromandi, Wawo dan Kota Bima di Kecamatan Raba Rasanae Timur.

Baca juga: Langit berawan hingga cerah berawan selimuti kota-kota besar Indonesia

Selain itu, Kota Mataram di Kecamatan Mataram, Kabupaten Lombok Barat di Kecamatan Batu Layar, Gerung, Kediri, Lembar, Lingsar, Narmada. Kabupaten Lombok Tengah di Kecamatan Janapria, Praya Barat, Praya Tengah, Pujut. Kabupaten Lombok Timur di Kecamatan Aikmel, Jerowaru, Keruak, Labuhan Haji, Montong Gading, Pringgabaya, Pringgasela, Sembalun, Swela, Sukamulia, Wanasaba.

Kabupaten Lombok Utara di Kecamatan Gangga, Kayangan, Pemenang, Tanjung. Kabupaten Sumbawa di Kecamatan Alas, Alas Barat, Batulanteh, Buer, Lape, Lenangguar, Moyo Utara, Orong Telu, Rhee, Sumbawa, Unter Iwes dan Kabupaten Sumbawa Barat di Kecamatan Brang Ene, Brang Rea, Jereweh, Maluk, Poto Tano, Seteluk, Taliwang.

Baca juga: BMKG perkirakan cuaca DKI Jakarta cerah berawan pada Rabu

"Level waspada terdapat di Kabupaten Lombok Tengah di Kecamatan Batukliang, Kabupaten Lombok Timur di Kecamatan Sikur dan Terara serta Kabupaten Sumbawa di Labangka, Moyo hulu," katanya.

BMKG juga menyatakan, masyarakat juga perlu mewaspadai akan terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan dan kekeringan yang umumnya terjadi di periode musim kemarau.

"Masyarakat dapat memanfaatkan penampungan air seperti embung, waduk, atau penampungan air hujan lainnya guna mengantisipasi periode puncak musim kemarau yang mulai memasuki wilayah NTB khususnya di wilayah-wilayah yang sering terjadi kekeringan," katanya.

Baca juga: BMKG prediksikan cerah berawan dominasi cuaca Indonesia pada Selasa
Baca juga: Seluruh wilayah DKI cerah berawan pada Selasa malam

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023