Kota Mojokerto (ANTARA) -
Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DiskopUKMPerindag) Kota Mojokerto, Jawa Timur memberikan pemahaman perkoperasian kepada SMAN 3 Kota Mojokerto, Rabu.
 
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari di Mojokerto mengatakan tentang peranan koperasi sebagai pilar ekonomi bangsa.
 
"Generasi Z saat ini adalah generasi yang pada tahun 2045 mendatang akan menduduki berbagai posisi strategis. Sehingga, generasi Z ini perlu diberi pemahaman tentang koperasi," ujarnya.
 
Ia mengatakan, pihaknya memilih siswa mendapatkan pemahaman koperasi dalam supaya bisa menggantikan posisi pada jabatan strategis di masa mendatang.
 
"Kami harapkan siswa sudah sadar sejak sekarang. Karena 22 tahun bukan waktu yang singkat, kalian harus benar-benar berfikir sejak dini bahwa di tahun 2045 Indonesia akan seperti apa, itu tergantung pada apa yang kalian persiapkan sejak saat ini,” tutur Ning Ita sapaan akrab wali kota.

Baca juga: Peserta Kepemimpinan Nasional belajar Gayatri di Kota Mojokerto 

Baca juga: Pemkot Mojokerto turut wujudkan Indonesia generasi emas

Kepada para siswa SMAN 3 Ning Ita menyampaikan bahwa melalui koperasi para siswa bisa belajar tentang kewirausahaan (entrepreneurship).
 
"Entrepreneurship itu seharusnya dipahami oleh anak-anak lebih dini lebih baik untuk bekal ke depannya. Kecakapan berwirausaha sejak dini ini menunjukkan kapabilitas dan kompetensi bisa menjadi seseorang yang mandiri. Itu bisa tertempa kalau kemampuan di bidang kewirausahaan dipahami sejak dini, ini pun bisa dilakukan melalui kegiatan berkoperasi,” ujarnya.
 
Wali Kota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini juga menjelaskan bahwa saat ini adalah era digitalisasi dan sudah waktunya bagi generasi muda membawa koperasi untuk bertransformasi ke era digital.
 
“Kalian sangat sadar dengan digitalisasi, dengan teknologi informasi. Bagaimana koperasi saat ini dan kedepannya juga harus bertransformasi ke arah digital. Generasi kalian yang sadar dengan teknologi informasi ini yang harus merubah, mentransformasikan koperasi yang zaman dulu menjadi koperasi yang kekinian sesuai dengan zamannya. Sesuai dengan perkembangan dunia saat ini,” ujarnya.
 
Ning Ita juga menyampaikan bahwa koperasi memiliki kedudukan yang sama dengan badan usaha lain seperti PT dan CV bahkan juga memiliki kesempatan yang sama sebagai penyedia barang dan jasa kepada pemerintah daerah, kementerian dan lembaga.
 
“Belanja di masing-masing dinas ini sekarang itu bisa dipenuhi oleh koperasi. Jadi posisinya setara dengan badan usaha lainnya. Ini lah menariknya. Bagaimana negara ini memberikan ruang yang luas bagi koperasi untuk berada setara dengan badan usaha lainnya untuk proses pengadaan yang ada di pemda, kementerian dan instansi lainnya,” ujarnya.
 
Kepala DiskopUKMperindag Kota Mojokerto Ani Wijaya mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan, dimana sebelumnya perwakilan dari SMA di Kota Mojokerto sudah mendapatkan pelatihan tentang perkoperasian.
 
"Koperasi yang merupakan soko guru perekonomian Indonesia ini tongkat estafet akan berjalan di generasi yang akan datang melalui pembinaan koperasi siswa dan pembinaan bagaimana menumbuhkan calon-calon wirausahawan baru dari adik-adik SMA,” ujarnya.

Baca juga: Wali Kota Mojokerto ajak siswa SMP doa bersama di hari pertama MPLS 

Baca juga: Pemkot Mojokerto berikan bantuan perlengkapan sekolah gratis 
 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023