Jakarta (ANTARA) -
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-78, Jakarta Aquarium dan Safari (JAQS) mengadakan upacara pengibaran bendera Merah Putih sepanjang 25 meter di bawah air, Kamis.
 
Pengibaran bendera dilakukan di sebuah kolam akuarium sedalam 5,5 meter yang dihuni oleh beraneka jenis satwa laut seperti ikan hiu dan pari. Empat orang penyelam profesional bertugas mengibarkan bendera yang dikaitkan ke batu di dasar kolam untuk menjaganya agar tetap terbentang.
 
Mengusung tema "Generasi Berkarya", perayaan HUT RI ke-78 di JAQS mengajak generasi muda Indonesia untuk berkarya serta menjunjung tinggi kearifan lokal.
 
"Jakarta Aquarium dan Safari ingin mendorong rakyat Indonesia untuk senantiasa berkarya, bukan hanya sekedar berkarya, tapi, berdampak. Perayaan (HUT RI ke-78) ini merupakan suatu cerminan dari kearifan lokal di Indonesia," kata VP Media dan Event Taman Safari Indonesia Alexander Zurkarnain kepada wartawan.
 
Selain pengibaran bendera sepanjang 25 meter di bawah air, perayaan HUT RI ke-78 di JAQS turut dimeriahkan oleh penampilan paduan suara anak-anak yang menyanyikan lagu-lagu nasional dan daerah secara medley serta lomba tarik tambang di bawah air.
 
Lomba tarik tambang bawah air diikuti oleh empat penyelam yang terbagi ke dalam dua tim dengan seorang penyelam wanita yang memakai kostum putri duyung dan bertindak sebagai wasit.
 
Selain upacara pengibaran bendera merah putih, perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78 di Jakarta Aquarium and Safari turut diramaikan oleh perlombaan tarik tambang bawah air, Kamis (17/8/2023). (ANTARA/Farhan Arda Nugraha)


Alex menjelaskan para penyelam telah berlatih selama tiga minggu sebelum menampilkan perlombaan ikonik di momen perayaan 17 Agustus itu di bawah air.
 
"Kita perlu persiapan selama tiga minggu sejak kita urun rembuk apa yang kita ingin tampilkan di ulang tahun Indonesia yang ke-78 ini. Makanya kita selama tiga minggu itu melakukan pelatihan dan penyesuaian," kata Alex.
 
Khusus hari ini, para pengunjung yang berkunjung ke JAQS akan mendapatkan kue bernuansa merah putih gratis dengan persediaan terbatas.

Baca juga: Penyelam anak ikut pecahkan rekor MURI upacara bawah laut TNI AL

Baca juga: Unik, petugas upacara HUT RI di Banyuanyar Solo pakai kostum wayang

Baca juga: Jokowi sapa masyarakat yang hadir di Istana Merdeka saat HUT RI

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023