Peringatan HUT ke-78 RI ini merupakan momentum bagi pendidikan vokasi untuk menunjukkan inti kompetensi yang ada di vokasi
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Kiki Yuliati menyatakan peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia (RI) merupakan momentum bagi pendidikan vokasi untuk mampu menunjukkan berbagai potensi yang dimiliki.

“Peringatan HUT ke-78 RI ini merupakan momentum bagi pendidikan vokasi untuk menunjukkan inti kompetensi yang ada di vokasi,” katanya di Jakarta, Kamis.

Harapan itu sesuai dengan suasana pelaksanaan peringatan HUT ke-78 RI di Halaman Kantor Kemendikbudristek, Jakarta, yang diiringi dengan beragam hasil kolaborasi siswa-siswi vokasi.

Kolaborasi tersebut antara para siswa SMK TI Muhammadiyah Cikampek dengan penyanyi Indonesia alumnus SMK Paramitha 1 Jakarta Novia Noval Bachmid serta alumnus SMKN 11 Medan Novia Anjelina Situmeang yang juga merupakan penyanyi Indonesia.

Dua penyanyi Indonesia tersebut berkolaborasi dengan para siswa SMK TI Muhammadiyah Cikampek yang tergabung dalam grup MUTU Orkestra SMK TI Muhammadiyah Cikampek.

Baca juga: Pendidikan vokasi harus ditingkatkan untuk naikkan kualitas SDM

Kolaborasi seni pertunjukan ini cukup unik mengingat pemusik yang mengiringi kedua alumnus tersebut bukan berasal dari sekolah musik, namun berasal dari SMK yang notabene fokus pada bidang teknik industri.

Siswa Jurusan Teknik Sepeda Motor SMK TI Muhammadiyah Cikampek Hari Aditya bercerita bahwa dalam mempersiapkan pertunjukan orkestra ini timnya membutuhkan waktu latihan selama empat hari.

“Setelah kita dikasih tahu bahwa orkestra SMK TI Muhammadiyah Cikampek berkesempatan untuk kolaborasi dengan dua penyanyi profesional membuat kita tertantang sehingga tekanan dalam berlatih pun ditambah,” kata Hari.

Alumnus SMKN 11 Medan sekaligus Top 6 Indonesian Idol 2023 Novia Anjelina Situmeang menuturkan ini adalah kali pertama ia bisa terlibat dalam acara Peringatan HUT ke-78 RI di Kemendikbudristek.

Baca juga: KSP: Balai Pelatihan Vokasi Kemnaker sudah memadai kembangkan SDM RI

Ia bercerita alasan dia mengambil Jurusan Musik di SMKN 11 Medan karena memiliki cita-cita untuk menjadi pengajar seni dan ternyata ilmu yang didapat ketika sekolah sangat berguna dalam perkembangan kariernya saat ini.

“Pendidikan vokasi adalah tempat yang tepat untuk kita mengasah kemampuan diri. Apabila kita sudah tahu minat kita di mana tekuni hal tersebut dan percayalah ketekunan itu akan membawa kita pada keberhasilan,” kata Novia.

Sementara itu alumnus SMK Paramitha 1 Jakarta Novia Bachmid menuturkan penampilan kolaborasi ini adalah pertunjukan yang unik karena diiringi oleh orkestra SMK TI Muhammadiyah Cikampek yang pada tahun sebelumnya tim ini pernah mengikuti lomba dengan dirinya sebagai juri.

Out of the box sangat luar biasa karena SMK ini jurusannya bukan musik, tapi bisa mereka main alat musik,” ujarnya.

Baca juga: Kemendikbudristek: Negara butuh sistem pendidikan khusus

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023