Kediri (ANTARA) - Ratusan warga Desa Toyoresmi, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, memperingati HUT Ke-78 RI dengan menggelar gunungan massal yang berisi tahu takwa serta beragam hasil bumi, dilakukan bersamaan dengan kegiatan bersih desa.

Kepala Desa Toyoresmi Gatot Siswanto di Kediri, Jumat mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk silaturahmi antarwarga sehingga terjalin kekompakan.

"Kami gelar ini memperingati HUT Ke-78 RI sekaligus silaturahmi. Ini agenda tahunan sekaligus bersih desa. Kami juga ada tumpengan, sedekah dari warga," katanya.

Ia mengatakan, warga juga sangat antusias mengikuti acara ini. Mereka juga senang hati memberikan rejekinya untuk dibagikan kembali ke masyarakat.

"Kami ajak bersama sedekah menyisihkan penghasilannya, ada yang sawi, jagung, padi, semua dikumpulkan dan terwujud menjadi gunungan yang berisi hasil bumi itu. Juga ikon di desa kami adalah tahu, sebagai bentuk kepedulian membuat gunungan tahu takwa dan getuk," kata dia.

Untuk gunungan ada sekitar enam yang besar. Sedangkan untuk tahu takwa yang dibagikan ada kurang lebih 3.900 tahu dan semua dibagikan untuk warga.

Baca juga: Kota Kediri bagikan bendera Merah Putih ke warga

Baca juga: Bendera Merah Putih raksasa tetap dikibarkan di Bukit Klotok Kediri


Warga masyarakat awalnya berkumpul di rumah perangkat desa setempat. Tumpeng juga dikumpulkan di lokasi dan setelahnya dibawa ke punden desa setempat.

Setelah kegiatan di punden Desa Toyoresmi selesai, warga kemudian melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki ke lokasi makam desa. Di lokasi makam tersebut, ada mushala serta pendopo, sehingga warga bisa menggelar acara di tempat tersebut.

Di lokasi makam juga digelar selamatan yang dipimpin sesepuh desa setempat. Setelahnya, gunungan berisi tahu takwa serta getuk pisang, dan gunungan berisi hasil bumi diperebutkan warga.

Sutiani, salah seorang warga sangat antusias ikut kegiatan ini. Selain memeriahkan HUT Ke-78 RI, kegiatan ini juga bersih desa, sehingga semua warga berkumpul.

Ia pun mendapatkan beragam sayuran yang akan dimasak untuk dimakan bersama keluarga.

"Saya dapat sayuran, kacang, seru sekali. Acara ini juga digelar setiap tahun dan selalu ikut," kata Sutiani.

Setelah kegiatan selamatan selesai, kemudian dilanjutkan dengan pentas seni jaranan. Warga pun juga sangat antusias ikut kegiatan ini hingga selesai.

Baca juga: Meriahkan HUT Ke-77 RI, Pemkab Kediri gelar parade tumpeng

Baca juga: Jadi inspektur upacara HUT RI, veteran Kediri ceritakan perjuangan

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023