Harapan kami siswa siap secara mental menghadapi ujian
Semarang (ANTARA News) - Ribuan siswa dari berbagai sekolah di wilayah Jawa Tengah, Jumat, mengikuti kegiatan "Dzikir dan Doa Bersama Sukses Ujian Nasional (UN) 2013" yang digelar di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Semarang.

Dibatasi sekat dari tali yang memisahkan antara pelajar putra dan putri, para siswa dari jenjang SD hingga SMA itu duduk secara rapi mengikuti kegiatan yang dibuka dengan pembacaan ayat-ayat suci Alquran.

Meski cuaca mendung, setelah hujan deras yang mengguyur Kota Semarang tersebut, para siswa mengikuti doa bersama dengan khidmat.

Isak tangis sejumlah siswa mewarnai kegiataan doa bersama itu, terutama saat Ustaz H.M Khamami, pengasuh Pondok Pesantren Multazam Semarang menyampaikan tausiah, bahkan ada siswa yang sampai jatuh pingsan.

Menurut Ketua Panitia Dzikir dan Doa Bersama, Yekti Nur Azali, kegiatan ini merupakan agenda rutin yang digelar Remaja Islam MAJT (Risma JT) menyambut pelaksanaan UN setiap tahunnya.

"Biasanya, doa bersama ini kami gelar mendekati pelaksanaan UN. Senin (15/4) mendatang kan sudah mulai pelaksanaan UN untuk SMA dan sederajat," katanya.

Ia memperkirakan jumlah peserta kegiatan doa bersama itu mencapai lebih dari 25 ribu pelajar dari berbagai sekolah di Kota Semarang dan sekitarnya yakni Kabupaten Semarang, Jepara, Kendal, Demak, dan Salatiga.

Yekti menjelaskan kegiatan doa bersama itu dimaksudkan untuk menyiapkan siswa secara mental dan rohani, mengingat kesiapan siswa dalam menghadapi UN tidak bisa hanya digenjot dari aspek fisik akademis.

Sementara itu, Andri Novianto (15), salah satu peserta doa bersama itu berharap mendapatkan hasil yang terbaik dalam UN, yakni mendapatkan nilai bagus, lulus, dan bisa melanjutkan ke sekolah yang diinginkannya.

"Saya ikut doa bersama ini untuk menyiapkan mental dan rohani. Sebab, tak cukup hanya dengan belajar, kita juga perlu mendekatkan diri pada Tuhan. Teman-teman banyak yang ikut," kata siswa SMP Negeri 40 Semarang itu.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013