Makassar (ANTARA) - Sebanyak 11 ribu bibit pohon telah dibagikan kepada seluruh mahasiswa baru Universitas Hasanuddin tahun akademik 2023/2024 pada pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof drg Muhammad Ruslin MKes PhD SpBM(K) di Makassar, Jumat mengatakan untuk jenjang sarjana dan vokasi, bibit pohon didistribusikan masing-masing fakultas saat pelaksanaan PKKMB tingkat fakultas.

“Terakhir sebanyak kurang lebih seribu pohon kita bagikan saat PKKMB Program Pascasarjana pada hari ini,” ujar Prof Ruslin.

Ia menjelaskan, seluruh mahasiswa baru, baik jenjang sarjana, vokasi, pascasarjana maupun profesi masing-masing mendapatkan satu bibit pohon.

Adapun jenis pohon yang dibagikan terdiri dari Ketapang Kencana, Tabebuya, Bitti, Nyatoh, Mahoni, Rambutan, Pohon Salam, Durian dan Jeruk Nipis.

Baca juga: Gerakan Unhas Hijau warnai penerimaan maba 2023

Baca juga: Fakultas Kehutanan Unhas kembangkan ekonomi hijau di pedesaan


Pembagian bibit pohon ini merupakan salah satu aksi nyata dari gerakan Unhas Hijau “Selamatkan Bumi Selamatkan Masa Depan”, yang menjadi salah satu rangkaian kegiatan pada PKKMB 2023.

Tidak sekadar membagikan bibit pohon, Unhas juga memonitoring keberlanjutan bibit yang telah dibagikan ke mahasiswa, mulai dari lokasi penanaman pohon hingga proses penanaman juga dipantau.

“Mahasiswa akan diberikan link dari ArcGIS Survey123. Mereka diarahkan untuk mengisi formulir informasi tentang pohon yang di tanam. Di dalam formulir sudah ada beberapa pertanyaan seperti waktu penanaman, lokasi dalam bentuk maps hingga foto bukti bibit pohon telah ditanam,” lanjut Prof Ruslin.

Lebih lanjut Prof Ruslin mengatakan bahwa dalam mewujudkan Gerakan Unhas Hijau ini, Unhas menggandeng Balai Pembibitan Tanaman Hutan Wilayah II Ditjen PDASRH, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk menyediakan bibit pohon.

“Selain itu, kita juga berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar dalam hal penyediaan bank sampah selama pelaksanaan PKKMB. DLH menyiapkan kendaraan sampah, sehingga sampah yang dihasilkan dalam kegiatan ini akan dipilah kemudian diangkut ke bank sampah Kota Makassar,” ujarnya.

Baca juga: Kemenko PMK gandeng Unhas tanam 10 juta pohon

Baca juga: AMI Sulsel gandeng kampus tanam pohon terancam punah

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023