Kita berharap ke depan, setiap fakultas tidak mempunyai 'kerajaan', tapi yang ada adalah keluarga besar Unhas. Unhas Day membuat kalian menjadi satu kesatuan, berinteraksi dan beraktivitas dalam kebersamaan
Makassar (ANTARA) - Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, MSc mengharapakna "Unhas Day" menjadi ajang pemersatu seluruh mahasiswa Unhas tanpa mengenal sekat fakultas dan jurusan.

"Saya berharap unit kerja mahasiswa (UKM) dan lembaga mendapat semangat baru dari mahasiswa baru sehingga bisa semakin memajukan kampus," katanya pada kegiatan "Unhas Day" Makassar, Sabtu (19/8/2023)

Unhas menyelenggarakan "Unhas Day" sebagai salah satu rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru atau Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di GOR JK Arenatorium Unhas, Makassar, Sabtu.

Rektor menyampaikan Unhas Day merupakan hari berbahagia bagi unit kegiatan mahasiswa dan lembaga di Unhas.

“Kita berharap ke depan, setiap fakultas tidak mempunyai 'kerajaan', tapi yang ada adalah keluarga besar Unhas. Unhas Day membuat kalian menjadi satu kesatuan, berinteraksi dan beraktivitas dalam kebersamaan,” kata Jamaluddin Jompa.

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof drg Muhammad Ruslin, MKes PhD SpBM(K), menyampaikan Unhas Day merupakan rangkaian kegiatan PKKMB yang wajib diikuti mahasiswa baru.

Kegiatan ini merupakan ajang pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan lembaga-lembaga yang ada di Unhas.

“Pada Unhas Day kali ini ada 36 UKM yang berpartisipasi dan 7 lembaga, yang penting untuk diketahui para mahasiswa baru. Kegiatan ini dibagi tiga sesi berdasarkan jadwal kedatangan mahasiswa baru,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, ia mengajak kepada seluruh mahasiswa baru agar aktif dan mengikuti kegiatan kemahasiswaan, baik di tingkat universitas, fakultas maupun jurusan. Hal tersebut sejalan dengan hadirnya kurikulum Unhas yang baru, yaitu K23.

“Semua kegiatan kemahasiswaan Anda akan dihitung menjadi SKS. Kurikulum baru memberikan 20 SKS untuk Penguatan Kompetensi,” katanya.

Ia menekankan bahwa PKKMB tahun ini tak sekadar seremonial belaka, tetapi juga menggagas Gerakan Unhas Hijau.

“Seluruh mahasiswa baru melakukan penanaman pohon, satu mahasiswa satu pohon. Mereka akan melakukan perawatan dan melihat tanamannya,” katanya.

Tidak hanya mahasiswa baru, Unhas Day kali ini juga kedatangan 191 mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dari berbagai kampus di seluruh Indonesia.

“Selamat datang di Kampus Merah kepada seluruh mahasiswa PMM. Tahun ini ada 3.600 yang daftar program ini di Unhas, tetapi yang diterima hanya 191 orang,” katanya.

Daftar UKM yang diperkenalkan pada Unhas Day ada UKM bola voli, sofbol, bisbol, hoki, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, basket, sepak bola, catur, menembak, karate, taekwondo, shorinji kempo, pencak silat, renang, panahan dan E-sport.

Bidang seni ada UKM Paduan Suara Mahasiswa, Seni Tari, Teater, Fotografi, dan Liga Film. Sedangkan untuk UKM bidang keilmuan ada UKM Keilmuan dan Penalaran Ilmiah (KPI). Selain itu, pada bidang kerohanian, ada UKM Lembaga Dakwah Kampus Mahasiswa Pecinta Mushalla (LDK MPM).

Terdapat juga UKM Resimen Mahasiswa Satuan 701, KSR-PMI, Korps Pecinta Alam (Korpala), Pramuka, Unit Kegiatan Pers Mahasiswa, Radio Kampus EBS FM, SAR, Koperasi Mahasiswa, Debat Bahasa Inggris, UKM Startup dan Ledhak (Lembaga Debat Haluan Kebangsaan) dan PK identitas Unhas.

Sementara untuk lembaga ada Pokja Prestasi dan Kewirausahaan, Pokja Kepemimpinan dan Karakter Mahasiswa, Career Center, Perpustakaan, International Office, Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual, demikian Muhammad Ruslin.
​​​​​​​
Baca juga: Unhas telah distribusi 11 ribu pohon ke mahasiswa baru selama PKKMB

Baca juga: Rektor Unhas sambut 1.703 mahasiswa baru pascasarjana

Baca juga: Unhas sosialisasi peraturan baru pelanggaran kode etik mahasiswa

Baca juga: Ebiet "hipnotis" 5.053 mahasiswa baru Unhas

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023