Dari sisi agen perjalanan, pembukaan rute tersebut positif karena itu artinya semakin banyak produk yang bisa kami jual
Medan (ANTARA) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumatera Utara mengapresiasi pembukaan rute penerbangan langsung dari Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, ke Chennai (India) dan Bali pulang-pergi.

"Dari sisi agen perjalanan, pembukaan rute tersebut positif karena itu artinya semakin banyak produk yang bisa kami jual," ujar Ketua DPD Asita Sumut Solahuddin Nasution kepada ANTARA di Medan, Sabtu.

Oleh sebab itu, Solahuddin melanjutkan, pihaknya mendukung penuh kebijakan maskapai untuk terbang langsung ke dua wilayah tersebut.

Namun, Asita Sumut berharap maskapai penerbangan menyosialisasikan rute tersebut secara maksimal ke masyarakat supaya perjalanannya tetap berkelanjutan.

"Faktor utama dibukanya rute tersebut, kan, murni bisnis. Kalau ternyata hasilnya bagus, pasti pesawat akan terus terbang ke sana. Namun, kalau tidak, bisa saja frekuensi dikurangi sambil sosialisasi ke masyarakat," tutur Solahuddin.

Baca juga: Asita apresiasi perhatian pemerintah untuk Danau Toba

Baca juga: Asita: Pencabutan status pandemi COVID-19 katrol pariwisata Sumut


Maskapai penerbangan swasta nasional Batik Air, bagian dari Lion Air Group, membuka rute penerbangan langsung dari Bandar Udara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara ke Chennai (India) dan Bali, pulang-pergi mulai 11 Agustus 2023.

Untuk ke Chennai, pihak Batik Air menyediakan dua jenis pesawat yakni Boeing 737-800NG dan Airbus 320-200.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Sandiaga Uno juga menyambut baik langkah maskapai tersebut.

Melalui keterangan tertulis, Sandiaga menilai keputusan itu berkontribusi terhadap peningkatan devisa Indonesia dari sektor pariwisata serta menciptakan lebih banyak peluang lapangan pekerjaan baru.

"Wisatawan mancanegara India yang tiba di Kualanamu dapat menjelajahi dan menikmati Danau Toba di Sumatera Utara yang merupakan salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas. Ada juga Kampung Madras di Medan yang merupakan tempat tinggal keturunan India Tamil. Ini seperti 'Little India'," ujar Sandiaga.

Baca juga: Asita: Sinergi Pemprov Sumut-swasta penting saat promosikan wisata

Baca juga: Asita: Maksimalkan status Indonesia Ketua ASEAN untuk pariwisata Sumut


 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023