Medan (ANTARA) - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan provinsi yang dipimpinnya merasa istimewa karena Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kerap kali melakukan kunjungan kerja di wilayah ini.

"Kita beruntung, Sumut sering dikunjungi Pak Presiden, Provinsi kita cukup spesial," ujar Edy Rahmayadi usai menyambut Presiden RI Joko Widodo, di Medan, Sabtu.

Edy Rahmayadi menuturkan Sumut salah satu daerah yang cukup sering dikunjungi Presiden RI Joko Widodo. Terakhir saat meninjau langsung kondisi jalan di Desa Sialang Taji, Kecamatan Waluh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Mei 2023.

"Februari 2023, Presiden Jokowi membuka Hari Pers Nasional (HPN), lalu sembari bersepeda memantau pembangunan Kota Medan," kata Edy Rahmayadi.

Pada kunjungan Presiden kali ini, kata Edy, Kepala Negara menghadiri sejumlah kegiatan nasional, yakni meresmikan Pembukaan Muktamar XXIII Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM)Tahun 2023 dan menghadiri Pengukuhan Kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Nasional Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Tahun 2023.

"Presiden juga berkunjung ke Pasar Sukaramai, Kota Medan, untuk meninjau harga dan pasokan sejumlah komoditas pangan. Selain itu, Presiden juga akan membagikan bantuan sosial kepada para pedagang yang ada di pasar tersebut," jelas Edy.

Di sisi lain, dalam kunjungan ke Pasar Sukaramai, Kepala Negara menemukan sejumlah harga kebutuhan pokok atau komoditas pangan yang relatif murah dan terjangkau.

"Tadi, saya hanya ingin melihat kondisi harga-harga, saya lihat harganya sangat baik seperti bawang merah sangat murah hanya Rp24 ribu, kemudian telur tadi saya tanya sekilo kira-kira berapa Rp22 (ribu) sampai Rp27 (ribu) juga sangat murah sekali," ujar Presiden Jokowi

Presiden Jokowi juga menyatakan kegembiraannya karena ada pasar murah keliling, yang menurutnya bisa menurunkan harga beras, minyak, dan gula.

"Saya kira ini program baik dalam rangka bisa menurunkan inflasi di kota atau di provinsi," kata Jokowi.
Baca juga: Presiden kunjungan kerja ke Sumut
Baca juga: Presiden ingin Karnaval Danau Toba jadi agenda tahunan
Baca juga: Presiden Jokowi akan orasi ilmiah di USU

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023