Kebutuhan daya saat ini bisa dibilang sangat aman bagi enam provinsi se Tanah Papua
Jayapura (ANTARA) - PT PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat menyampaikan beban puncak kelistrikan di wilayah kerjanya kini mencapai 307 Mega Watt (MW) dengan daya mampu pembangkit sebesar 498 MW, sehingga ada cadangan daya 191 MW.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Budiono di Jayapura, Minggu, mengatakan kondisi tersebut memberikan cadangan daya 191 MW yang aman untuk mencukupi kebutuhan daya masyarakat.

“Kebutuhan daya saat ini bisa dibilang sangat aman bagi enam provinsi se Tanah Papua,” katanya.

Menurut Budiono, jika nantinya terjadi gangguan yang tidak dapat dihindari masyarakat dapat segera melapor dan melakukan pengaduan melalui aplikasi PLN Mobile atau menghubungi contact center PLN 123.

“Dengan melakukan pengaduan melalui aplikasi PLN mobile atau contact center kami di 123 maka petugas akan cepat merespons,” ujarnya.

Dia menjelaskan hingga Juni 2023 penggunaan aplikasi PLN Mobile mencapai185.856 pengguna atau sekitar 23,03 persen dari total 807.382 di tanah Papua. Kini aplikasi PLN mobile telah mengalami berbagai peningkatan menu layanan yang semakin lengkap dari tiga tahun lalu pada saat diperkenalkan ke pelanggan.

"Pada aplikasi PLN mobile pelanggan dapat menikmati layanan-layanan PLN antara lain pembayaran tagihan listrik, pembelian token, pelayanan pasang baru, tambah daya, pengaduan layanan kelistrikan, pencatatan meteran secara mandiri (SwaCAM), layanan marketplace hingga berbagai fitur lainnya. Kehadiran aplikasi PLN mobil menjadi salah satu kemudahan yang diberikan tanpa perlu datang ke kantor,” katanya.

Dia menambahkan selain PLN Mobile dan contact center pihaknya juga memberikan kemudahan pelayanan di Kota Jayapura di mana dengan hadir di Mal Pelayanan Publik milik Pemerintah Kota Jayapura, masyarakat mengalami kendala bisa datang langsung tanpa harus mengantre.

Baca juga: PT PLN bangun empat SPKLU di Papua dan Papua Barat

Baca juga: PLN sebut gunakan tenaga surya listriki desa di Papua dan Papua Barat

Baca juga: PLN membuka lowongan pegawai khusus Orang Asli Papua

 

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023