Pohon-pohon yang kita tanam ini akan menghasilkan oksigen dan kita semua yang hidup pasti membutuhkan oksigen...mari kita bangkitkan semangat untuk menanam pohon guna penghijauan
Batam (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad mengajak seluruh masyarakat untuk tetap semangat menanam pohon guna menghijaukan dan menjaga bumi dari krisis pemanasan global
 
Hal ini dia sampaikan pada saat menghadiri penanaman mangrove dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 pada Minggu, di Pulau Setokok, Kota Batam, Kepri,
 
"Penanaman mangrove yang kita lakukan hari ini bagian dari aksi kemanusiaan. Pohon-pohon yang kita tanam ini akan menghasilkan oksigen dan kita semua yang hidup pasti membutuhkan oksigen. Maka dalam kesempatan ini saya mengajak kita semua, mari kita bangkitkan semangat untuk menanam pohon guna penghijauan," ujar Gubernur Kepri Ansar Ahmad dari keterangan yang diterima di Batam, Ahad.

Lokasi penanaman mangrove di  Pulau Setokok merupakan lokasi yang sama tempat Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempelopori menanam mangrove di tempat tersebut.
 
Bahkan saat ini kawasan mangrove di Pulau Setokok ini diberi nama oleh masyarakat setempat dengan Kawasan Mangrove Presiden.

Baca juga: Presiden akan tanam mangrove bersama masyarakat di Riau dan Kepri
 
"Presiden Jokowi sudah memulai menanam mangrove di sini, di tempat sekecil ini. Yang kita garis bawahi jangan tempatnya yang kecil. Tapi bagaimana seorang Presiden memberikan contoh guna menumbuhkan semangat kepada kita semua agar memiliki semangat untuk menanam pohon guna menghijaukan bumi yang kita cintai ini," katanya.
 
Gubernur Ansar juga mengimbau masyarakat untuk menjaga dan merawat tanaman yang ada dengan cara menjaga lingkungan serta tidak membuang sampah sembarangan dan merusak.
 
Ia mengatakan mayoritas masyarakat dimanapun pasti senang dengan alam yang indah, hijau, asri, dan menyejukkan. Namun rata-rata hanya sebagai penikmat alam saja, tanpa mencintai alam, sehingga banyak yang buang sampah sembarangan dan cenderung merusak.

"Mulai sekarang, ayo kita jaga alam kita. Kita tidak hanya sebagai penikmat alam, tapi kita juga menjadi pecinta alam yang intens menjaga dan merawat alam di sekitar kita," ujarnya.

Baca juga: Risma: Menanam pohon datangkan amal jariah
Baca juga: Menteri LHK ajak anak-anak tanam 25 pohon untuk bantu lestarikan alam

Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023