Jayapura (ANTARA) - Syukuran HUT ke-78 RI , Pos Jila Satgas Yonif R 631/Atg dan masyarakat Jila, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, melaksanakan bakar batu.

Kegiatan yang dilaksanakan Minggu (20/8) dihadiri warga kampung Momoge, kata Danpos Jila Yonif R 631/Atg, Letda Inf Damas, dalam keterangan persnya, dari Mimika, Papua Tengah, Senin.

Baca juga: TNI bersama warga Amungme-Kamoro di Mimika gelar acara 'bakar batu'

Ia katakan, bakar batu yang merupakan tradisi masyarakat pegunungan itu dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur atas selesainya pelaksanaan kegiatan HUT RI ke-78 yang berjalan dengan aman dan lancar.

Semua masyarakat kampung hadir di lapangan untuk ikut ambil bagian dalam acara bakar batu yang merupakan acara adat sebagai bentuk rasa syukur atas berkat yang melimpah.

Baca juga: Kepala suku Dambet gelar bakar batu syukuri selamat dari serangan KKB

"Kita harus tetap semangat dalam menjalin silaturahmi dan singkirkan perbedaan untuk satu tujuan bersama sama berdoa memohon perlindungan kepada Tuhan YME agar kita semuanya selamat dan sehat serta terciptanya lingkungan yang aman dan kondusif," tambahnya.

Tokoh masyarakat kampung Momoge Ruben Dolame menyampaika terima kasih kepada masyarakat dan anggota TNI dari Yonif 631 dan seluruh warga lainnya yang turut hadir memeriahkan tradisi bakar batu.

Baca juga: Warga Kiliarma Mimika dan personel TNI AD gelar tradisi bakar batu

"Hari ini, kami seluruh masyarakat Momoge mengadakan kegiatan acara adat bakar batu sebagai bentuk rasa syukur dan terimakasih atas berkat dan kasihmu Tuhan Yesus," kata Ruben.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023