Banjarmasin (ANTARA) - Polresta Banjarmasin menggelar simulasi sistem pengamanan kota (sispamkota) sebagai wujud kesiapan pengamanan Pemilu 2024 dengan melibatkan seluruh kekuatan personel Polri dan unsur lainnya baik TNI maupun pemerintah daerah.

"Melalui kegiatan ini artinya kita ingin menunjukkan bahwa Polri khususnya di Polresta Banjarmasin sudah siap mengamankan pemilu dalam situasi apapun," kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi saat menyaksikan gelaran simulasi sispamkota di depan Balai Kota Banjarmasin, Senin.

Menurut Kapolda Kalsel, latihan dan simulasi penting dilakukan guna mengecek sejauh mana kesiapan personel serta sarana dan prasarana yang dimiliki.

Kemudian diketahui pula tingkat kerja sama dan koordinasi antara aparat keamanan dengan seluruh pemangku kepentingan dalam hal menjaga kondusivitas dan kelancaran seluruh tahapan pemilu.

"Saya minta kesiapsiagaan seperti ini terus dijaga, kita tidak boleh lengah karena situasi setiap saat bisa saja berubah sangat dinamis," tegas Kapolda mengingatkan.
Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi memberikan keterangan usai menyaksikan gelaran simulasi Sispamkota di depan Balai Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (21/8/2023). ANTARA/Firman/aa.


Pelaksanaan simulasi sispamkota dimulai situasi massa kampanye, pencoblosan di TPS hingga penghitungan di kantor KPU.

Aksi anarkis massa yang tidak puas dengan hasil pemilu juga digambarkan hingga bentrok pun tak terhindarkan.

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo yang memimpin langsung pengamanan memberikan komando agar anggota mengedepankan pendekatan secara persuasif dan humanis.

Namun tindakan tegas terpaksa dilakukan aparat untuk memukul mundur massa yang semakin anarkis dengan mengerahkan pasukan Dalmas Samapta Polresta Banjarmasin dan pasukan anti huru-hara Satuan Brimob Polda Kalsel.

Pada akhirnya situasi dapat dikendalikan dan pelaksanaan pemilu berjalan normal kembali hingga seluruh tahapannya dapat dilaksanakan secara aman dan lancar.

Baca juga: Yasonna minta jajaran Kemenkumham netral di Pemilu 2024
Baca juga: Penegasan NU dan Muhammadiyah jaga jarak dengan parpol
Baca juga: Jaksa Agung instruksikan jaksa cermat tangani korupsi jelang Pemilu

 

Pewarta: Firman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023