Ada tiga sisi dari aspek sustainability yang menjadi concern kita, yaitu environmental, social, dan governance
Jakarta (ANTARA) - PT Sucofindo memberikan sertifikat "Green Building (Greenship)" dengan kategori Platinum untuk PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Direktur Utama Sucofindo Jobi Triananda menyampaikan bahwa pemberian sertifikat tersebut sebagai wujud apresiasi Sucofindo atas komitmen PT SMI dalam mengelola perusahaan menggunakan prinsip-prinsip ramah lingkungan.

"Kami mengapresiasi atas komitmen PT SMI dalam peraihan sertifikat Green Building, khususnya untuk skema Greenship Interior Space. Sertifikat ini merupakan bukti PT SMI telah mengelola infrastruktur dengan prinsip-prinsip ramah lingkungan dan berkelanjutan," katanya melalui keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Kategori sertifikasi Greenship yang diperoleh PT SMI adalah Platinum, yang mana merupakan tingkatan tertinggi.

Jobi menjelaskan sertifikat Green Building yang dikeluarkan sejalan dengan upaya perusahaan dalam mendukung pengurangan emisi, meminimalkan jejak karbon, pengelolaan sampah perkantoran dan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3), serta mendorong pendekatan yang lebih efisien dan ramah lingkungan dalam operasi bisnisnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama SMI Edwin Syahruzad menyampaikan perseroan akan terus berkomitmen untuk menjalankan bisnis selaras dengan prinsip ekonomi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

"Ada tiga sisi dari aspek sustainability yang menjadi concern kita, yaitu environmental, social, dan governance," ujarnya.

Adapun sebagai bentuk peranan perusahaan dalam mengatasi pengurangan emisi dan kelestarian lingkungan secara berkelanjutan, Sucofindo memiliki layanan Sucofindo Green Generation, yaitu ESG improvement, dalam hal ini membantu kesadaran dan mengakses pelaku usaha terhadap ESG roadmap sesuai kebutuhan investor atau pemberi pinjaman, layanan TIC (Testing, Inspection, & Certification) pada tahap implementasi ESG Roadmap, serta assurance untuk laporan berkelanjutan.

Kemudian, Sucofindo mampu mendukung layanan konsultansi sustainable mining, audit energi, konsultansi di bidang energi baru dan terbarukan (EBT), Green Project Management, Sertifikasi Industri Hijau, Environmental Laboratory, Sertifikasi GGL (Green Gold Label), serta Waste Management Solutions.

Guna mendukung Indonesia menjadi poros maritim dunia, Sucofindo juga menyediakan layanan konsultansi Green Port, yang mampu meningkatkan pengelolaan lingkungan pelabuhan, serta meningkatkan kualitas pelabuhan dan kawasan sekitarnya.

Baca juga: Sucofindo dukung program KLHK dengan layanan Green Generation
Baca juga: Sucofindo apresiasi 106 pelaku usaha atas inovasi lingkungan-sosial
Baca juga: SMI siapkan skema khusus dorong pembangunan berkelanjutan di Indonesia

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023