Layanan LVV SUCOFINDO telah membantu pelaku usaha yang akan memastikan perhitungan karbonnya dan atau melantai di bursa karbon Indonesia maupun luar negeri
Jakarta (ANTARA) - PT Sucofindo mendukung realisasi pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) tidak hanya di dalam negeri, melainkan juga melalui layanan keberlanjutan untuk skala internasional.

Direktur Utama PT Sucofindo Jobi Triananda mengatakan komitmen tersebut terealisasi melalui layanan Validasi dan Verifikasi (LVV) yang telah diluncurkan Sucofindo pada Agustus 2023.

“Layanan LVV SUCOFINDO telah membantu pelaku usaha yang akan memastikan perhitungan karbonnya dan atau melantai di bursa karbon Indonesia maupun luar negeri,” kata Jobi melalui keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Baru-baru ini, Sucofindo juga melakukan perhitungan klaim karbon pada proyek pengumpulan dan daur ulang sampah plastik di Inggris.

“Kami bekerja sama untuk pilot project pengumpulan dan recycling sampah plastik di United Kingdom (UK), dan saat ini sedang dalam proses validasi,” ujar Jobi.

Untuk itu, Jobi optimistis pihaknya mampu melebarkan sayap sebagai lembaga Validasi dan Verifikasi yang dapat berkontribusi dalam kegiatan penurunan emisi tak hanya dalam lingkup nasional, tetapi dapat berperan di level Internasional.

Jobi menilai, dalam ekosistem bursa karbon, peran LVV Sucofindo yakni melakukan pemastian atas inventarisasi emisi organisasi dan klaim proyek-proyek serapan karbon yang diperjualbelikan.

Baca juga: OJK: Bursa karbon catat transaksi Rp29,45 miliar sejak diluncurkan

Baca juga: BEI sebut bursa karbon dapat membuka potensi kredit karbon Indonesia


Dalam layanan hijau berkelanjutan, Sucofindo memiliki program Green Generation Sucofindo, seperti layanan ESG Consultation dalam hal itu membantu pelaku usaha menyiapkan peta jalan (roadmap) ESG dan proses implementasi, dan pelaporan ESG.

Jobi menjelaskan, Sucofindo mampu melayani Audit Energi, konsultansi sustainable mining, sertifikasi green office, sertifikasi green building, konsultansi di bidang Energi Baru Terbarukan (EBT), Green Project Management, Sertifikasi Industri Hijau, Environmental Laboratory, dan Sertifikasi GGL (Green Gold Label).

“Kami optimistis mampu memimpin industri jasa survei dalam pertumbuhan kinerja, dan mendukung para stakeholder dalam mengharmonisasikan bisnis dengan implementasi keberlanjutan lingkungan, sosial tata kelola yang baik melalui layanan TIC PT Sucofindo," katanya.

Baca juga: OJK dan FSRA-ADGM jalin kerja sama memperkuat pasar karbon

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023