Jakarta (ANTARA) - IDSurvey sebagai 'holding group' Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor jasa survei mendukung sistem perdagangan karbon (carbon trading) atau jual beli kredit karbon yang diselenggarakan Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui indeks 'IDXCarbon'.

Direktur Utama IDSurvey Arisudono Soerono dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan perjanjian kerja sama antara IDSurvey dengan BEI yang ditandatangani kedua belah pihak pada Februari 2023 lalu antara lain mengintegrasikan layanan 'dekarbonisasi', mempercepat pelaku usaha dalam mendapatkan keekonomian nilai karbon, sekaligus turut mendukung BEI untuk menjadi tuan rumah perdagangan karbon di negeri sendiri.

“IDSurvey memberikan layanan inisiatif 'dekarbonisasi' secara 'end-to-end, full suite of services', dimulai dari 'capability building' kepada pelanggan mengenai 'dekarbonisasi' dan nilai ekonomi karbon, pelaksanaan 'baselining' emisi gas rumah kaca, perancangan rencana aksi mitigasi, 'project design development' dan pelaksanaan proyek inisiatif 'dekarbonisasi', pelaksanaan verifikasi dan validasi gas rumah kaca dan juga 'rating' serta konsultasi pengelolaan 'environmental, social, and governance',” ujar Arisudono.

Kesiapan IDSurvey untuk memaksimalkan potensi bursa karbon Indonesia, ditunjang juga dengan adanya akreditasi yang diraih oleh anggota IDSurvey di sektor bisnis hijau yaitu PT Sucofindo, di mana akreditasi yang diraih merupakan Lembaga Validasi dan Verifikasi (LVV) Informasi Gas Rumah Kaca (GRK) dari Komite Akreditasi Nasional (KAN)

Sucofindo menyediakan layanan Lembaga Validasi dan Verifikasi (LVV) Informasi Gas Rumah Kaca (GRK) dan telah resmi meraih akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Layanan itu diharapkan mampu mendukung implementasi nilai ekonomi karbon (NEK) yang ditetapkan oleh pemerintah dan mendukung penyelenggaraan serta ekosistem bursa karbon.

Selain PT Sucofindo, anggota grup IDSurvey lainnya adalah PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) dan PT Surveyor Indonesia.

Dengan dianggotai BUMN berpengalaman puluhan tahun serta tenaga ahli yang berkompeten pada bidangnya, IDSurvey optimistis dapat mengakselerasi penyelenggaraan nilai ekonomi karbon sesuai peraturan perundang-undangan sebagaimana yang diamanatkan dalam Surat Edaran Menteri BUMN Nomor SE-6/MBU/12/2022.


Baca juga: Pertamina nyatakan siap jadi "market leader" perdagangan karbon


Baca juga: BEI ingin bangun infrastruktur dan ekosistem bursa karbon yang baik

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023