Saya tegaskan, setahun terakhir ini kita bertugas di Kemenag harus meninggalkan warisan yang bagus. Tentu yang utama adalah program prioritas Kemenag
Jakarta (ANTARA) - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas terus mengawal dan menginstruksikan jajarannya untuk menuntaskan tujuh program prioritas yang dicanangkan Kementerian Agama (Kemenag) sebelum masa kepemimpinannya berakhir.

"Saya tegaskan, setahun terakhir ini kita bertugas di Kemenag harus meninggalkan warisan yang bagus. Tentu yang utama adalah program prioritas Kemenag. Ini harus kita kawal betul," ujar Menag Yaqut dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Pernyataan Menag tersebut disampaikan saat memimpin rapat koordinasi (rakor) yang dihadiri oleh Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki, jajaran pimpinan Unit Eselon I Kemenag, Staf Khusus dan Staf Ahli Menteri Agama, serta Kepala Kanwil Kemenag dari berbagai daerah di Indonesia.

Saat ini Kemenag memiliki tujuh program prioritas yaitu penguatan moderasi beragama, transformasi digital, revitalisasi KUA, kemandirian pesantren, Cyber Islamic University, Religiosity Index, dan tahun kerukunan umat beragama.

Baca juga: Menag: Program Kemandirian Pesantren jadi agenda prioritas Kemenag

Menag Yaqut mengambil contoh Program Revitalisasi KUA. Menurutnya, KUA perlu memiliki citra sebagai tempat pelayanan semua agama, bukan hanya satu agama saja.

"KUA saat ini masih terkesan hanya milik umat Islam saja, padahal KUA itu adalah etalasenya Kemenag di daerah. Saya harapkan revitalisasi KUA ini dapat berjalan lebih baik," ujarnya.

Menag juga menyoroti Program Transformasi Digital. Ia meminta supaya akhir tahun ini, pelayanan Kemenag sudah terdigitalisasi dengan baik. Seluruh pelayanan harus ada dalam satu platform yang terintergrasi, mulai dari zakat, pernikahan, sertifikasi halal, hingga haji.

"Saya minta setidaknya akhir tahun ini digitalisasi harus sudah selesai. Meski digitalisasi layanan ini sudah berjalan cukup baik, tapi masih ada bottleneck yang harus dipecahkan dan itu solusinya adalah koordinasi yang baik antar-unit kerja," katanya.

Baca juga: Irjen Kemenag komitmen kawal program prioritas Kementerian
Baca juga: Tujuh program prioritas yang menanti Wamenag baru

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023