Jakarta (ANTARA) - Ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari bermain dengan penuh keyakinan untuk mengatasi hambatan pada babak pertama Kejuaraan Dunia BWF 2023, Selasa.

Saat berlaga di Copenhagen, Denmark, Rinov/Tari berjuang menyingkirkan Hiroki Midorikawa/Natsu Saito asal Jepang dengan rubber game 23-21, 8-21, 21-11.

"Berkat kemenangan 3-0 dalam tiga pertandingan sebelumnya, membuat saya juga makin yakin untuk bisa mengalahkan lawan lagi di sini," kata Rinov melalui informasi resmi PP PBSI di Jakarta.

Rinov/Tari tampil penuh percaya diri berbekal tiga kemenangan dari pertemuan sebelumnya atas Hiroki/Natsu pada Kejuaraan Asia 2023 di Dubai, Indonesia Masters 2023, dan Korea Open 2022.

Kemenangan yang diraih dalam 53 menit tersebut membawa ganda campuran peringkat ke-16 dunia itu melaju ke babak 32 besar Kejuaraan Dunia 2023.

"Alhamdulillah kami bisa bermain bagus dan lolos ke babak kedua. Kami juga bisa mengatasi lawan dengan bermain baik dan pola yang dirancang bisa masuk," ujar Rinov.

Baca juga: Timnas bulu tangkis Indonesia latihan perdana jelang Kejuaraan Dunia

Menurut Rinov, pada gim kedua, lawan memang mengubah pola permainan, sehingga ia dan Tari kesulitan mengontrol permainan. Mereka pun takluk pada gim kedua.

"Pada gim kedua, kami juga banyak mati sendiri karena terus mendapat tekanan dari lawan," tambah Tari.

Selanjutnya, pada gim penentuan, Rinov/Tari tak mau kalah seperti gim kedua. Mereka pun bermain lebih ngotot agar tidak berada dalam tekanan lawan.

Dengan kemenangan hari ini, Rinov/Tari akan menantang unggulan ke-15 yang juga berasal dari Jepang Kyohei Yamashita/Naru Shinoya.

"Kami belum pernah bertemu sebelumnya. Kami akan nonton rekaman videonya dan berdiskusi dengan pelatih dulu. Kami harus mempersiapkan diri dengan baik," ujar Tari.

Selain Rinov/Tari, wakil Indonesia yang turun bertanding hari Selasa adalah ganda campuran Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo, dan tunggal putri Putri Kusuma Wardani.

Baca juga: PBSI targetkan dua gelar juara di Kejuaraan Dunia 2023

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023